4 Manfaat Tanaman Porang Bagi Kesehatan

4 Manfaat Tanaman Porang Bagi Kesehatan Ilustrasi Tanaman Porang. Sumber: Istimewa

Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu menyebut tanaman porang punya potensi ekonomi. Selain nilainya yang tinggi, tanaman porang juga punya ragam manfaat buat kesehatan, lho.

Porang termasuk jenis umbi - umbian yang sangat cocok di iklim dan kontur Pulau Jawa. Sampai saat ini aja, tanaman porang jadi primadona karena permintaannya yang sangat tinggi.

Glukomanan jadi salah satu nutrisi penting porang yang sangat bermanfaat buat tubuh. Selain itu porang punya kualitas tinggi untuk dipakai jadi bahan industri kosmetik dan obat - obatan.

Berikut lima manfaat porang buat kesehatan.

1. Kolestrol

Komponen glukomanan bisa mengurangi kolestrol dan ngasih rasa kenyang yang lama daripada sumber pangan lainnya.

2. Diet

Melansir CNNIndonesia, tiap 100 gram porang cuma mengandung 3 kalori, konsumsi porang tidak akan ngerusak program penurunan berat badan.

3. Diabetes

Porang bisa jadi bahan baku tepung yang rendah kalori dan aman dikonsumsi, apalagi buat diet dan menderita diabetes karena rendah indeks glikemik yang terkandung di porang.

4. Baik Buat Pencernaan

Porang kaya akan serat sehingga baik untuk penernaan dan daya tahan tubuh. Masalah pencernaan pun bisa dicegah semisal konstipasi sampai kanker usus besar.

kesehatan tanaman porang