5 Alasan Harus Hati - Hati dan Jaga Privasi di Media Sosial

5 Alasan Harus Hati - Hati dan Jaga Privasi di Media Sosial ilustrasi bermain sosial media. Sumber: Freepik

Media sosial yang dulu cuma buat sekedar senang - senang berbagi momen atau menambah teman. Tapi sekarang, media sosial udah jadi tempat mencari sumber penghasilan yang ternyata cukup menjanjikan.

Tapi sebagian orang tidak sadar terhadap keamanan dan privasi mereka ketika sedang asyik menggunakan media sosial. Padahal ada batasan dalam hidup yang tidak selalu harus dibagikan di media sosial, setuju?

Berikut beberapa alasannya.

1. Melindungi Diri Dari Kejahatan Seksual

Banyak yang memakai media sosial untuk berbuat jahat, salah satunya pelecehan atau kekerasan, berikut datanya. Walaupun udah banyak keresahan terhadap kejahatan ini, tapi sampai sekarang tetap aja masih marak terjadi.

Maka dari itu, penting banget buat menjaga privasi foto dan data pribadi di media sosial.

2. Marak Pencurian Identitas

Nah kasus ini banyak terjadi belakangan ini, seperti skimming, phising, hacking pasti udah sering kamu dengar. Hal ini terjadi karena para pelaku kejahatan memanfaatkan identitas kamu yang bocor di media sosial.

Makanya, jangan asal sembarang posting foto atau video seputar diri kamu apalagi sampai sesuatu yang sangat privasi terlihat orang lain.

3. Lindungi Diri Dari Komentar Tidak Bertanggung Jawab

Semua konten yang diunggah harus bisa dipertanggung jawabkan isinya. Jangan bagikan segala aktivitas ke media sosial, bedakan mana privasi atau bukan.

Sebaiknya bijak dalam menggunakan media sosial, supaya bisa terhindar dari komentar tidak bertanggung jawab.

4. Bikin Nyaman dan Aman Diri Kamu dari Sorotan Publik

Budaya spill dan doxing di media sosial masih marak banget terjadi. Sekali terlihat ada kesalahan, pasti orang - orang akan menghujat bahkan membuat diri kamu terlihat buruk di hadapan publik.

Sebab dari itu, pakai media sosial sebaik mungkin dengan tanggung jawab demi menjaga privasi. hidup jauh dari sorotan publik tentu aja ngebuat diri nyaman dan aman.

5. Hindari Penyalahgunaan Foto Pribadi Oleh Orang Jahat

Udah banyak kasus foto pribadi seseorang dipakai untuk tindak kejahatan, seperti penipuan. Penjahat selalu bisa melihat celah sekecil apapun.

Contoh aja beberapa kasus artis atau publik figur yang foto pribadinya dipakai oleh penjahat sebagai iming-iming atau bahan penipuan terhadap korban.

Maka dari itu, Sadar akan privasi dan keamanan pribadi sangat penting di dunia internet saat ini. Hati - hati, ya!

media sosial Internet Privasi