5 Alasan Kenapa Kamu Jangan Terlalu Baik dengan Orang Lain

5 Alasan Kenapa Kamu Jangan Terlalu Baik dengan Orang Lain Ilustrasi. Foto: shutterstock.

Punya sikap terlalu baik dengan orang lain bisa jadi hal yang akan berdampak buruk, lho. Ya emang sih, setiap manusia itu harus saling tolong menolong. Namun kamu sadar gak sih, kalo segala sesuatu yang dilakukan secara berlebihan itu gak baik, lho!

Nah, apa selama ini #temanumbuh sering terlalu baik dengan orang lain? Sadarlah, bahwa kamu perlu setop kebiasaan buruk itu demi kebaikan diri.

Nih, numbuh kasih beberapa alasan masuk akal, yang bisa kamu terapin, biar gak bersikap terlalu baik dengan orang lain lagi, ya. Berikut ulasan singkatnya.

1. Sadarlah, kalo sesungguhnya manusia itu punya sifat egois

Setiap orang pasti punya sifat egois alias ingin menang sendiri. Kamu juga pasti punya keinginan untuk jadi yang terbaik di antara orang lain, kan? Coba deh untuk gak terlalu baik sama orang lain. Hal itu dilakukan agar niat baik kamu gak sering disalahgunakan.

2. Bisa jadi kamu dimanfaatkan orang lain

Salah satu kemungkinan yang akan terjadi kalo kamu terlalu baik yaitu orang lain akan manfaatin kebaikan kamu, lho. Sebaik apapun kamu ke orang lain, yakinlah kalo di dalam hatinya ada niat jahat.

Coba deh, untuk biasa saja kalo berbuat baik. Bukannya gak boleh berbuat baik ya, tapi kamu juga harus bisa tau porsinya. Sadarlah bahwa sesungguhnya yang berlebihan itu akan berimbas hal buruk bagi kamu.

3. Kadang, kamu perlu utamin urusan pribadi dulu

Setiap orang pasti punya urusan dan mimpi-mimpi dalam hidupnya kan? Nah, supaya bisa terwujud, kamu juga harus fokus dalam mencapainya.

Kalo kamu terlalu baik dan sering ngalah, pasti mimpi atau urusan kamu jadinya lama tercapai, deh. Meskipun mengalah ada baiknya, tapi yakinlah kalo terus-terusan kamu akan ngebatin dan kesel sendiri jadinya, lho

4. Ingatlah bahwa terkadang kamu perlu selektif dalam mencari kawan

Gak bisa tawar menawar lagi sih ini. Kamu harus bisa selektif banget kalo cari temen. Karena gak semua orang akan bersikap baik dan menghargai kamu, lho.

Nah, supaya bisa diterima dan dihargai, kadang kamu perlu pilih-pilih circle pertemanan yang positif, nih. Lagian, sangat pemilih dalam cari temen, gak selamanya buruk kok. Justru kamu akan dapatkan lingkungan baik, yang membawa ke hal-hal positif.

5. Berusaha nyenengin semua orang, cuma bikin capek hati!

Manusia gak ada yang sempurna, lho ya! Jadi kamu itu gak bisa bikin semua orang bahagia. Kadang, kamu udah baik aja, masih ada orang yang sirik atau jahat sama kamu kan?

Nah, coba deh, untuk gak usah terlalu baik sama orang lain. Tapi bersikap biasa aja dan gak usah terlalu keliatan banget untuk cari perhatian orang, biar dibilang baik. Sadarlah, kalo hidup kamu juga perlu bahagia, tanpa ada orang lain yang usik atau sirik.

Nah, itu dia 5 alasan logis kenapa kamu gak usah terlalu baik sama orang lain. Manusia emang makhluk sosial yang butuh bantuan orang lain. Tapi kamu juga perlu membatasi dan memilih, kapan waktunya kamu baik sama orang lain.

Semoga #temanumbuh, juga bisa bahagiain diri sendiri ya. Jangan orang lain terus yang dibahagiain. (rfq)

pertemanan gaya hidup lifestyle