5 Bahaya Tidur Tidak Teratur dan Kebiasaan Begadang

5 Bahaya Tidur Tidak Teratur dan Kebiasaan Begadang Ilustrasi Insomnia. Sumber: Istimewa

Tidur yang teratur tentu bakal ngebuat badan sehat dan segar untuk menjalani aktivitas sehari - hari. Tidur dan bangun tepat waktu setiap hari sangat dianjurkan. Pasalnya, tidur tidak teratur dapat meningkatkan resiko sejumlah penyakit, lho.

Pola tidur yang berantakan bisa membuat irama sirkadian atau biasa dikenal dengan jam alami tubuh rusak. Hal ini biasa terjadi saat kamu begadang. Kondisi ini bisa berdampak juga di masa tua nanti.

Berikut 5 bahaya tidur tidak teratur.

1. Insomnia

Tidur tidak teratur dalam jangka pendek bisa menyebabkan gejala insomnia atau sulit tidur. Irama sirkadian yang rusak bisa ngebuat kamu depresi, dan rasa cemas berlebih.

2. Depresi

Telalu banyak begadang dan jam tidur yang berantakan ternyata bisa memicu depresi, lho. Kaitan depresi dengan jam tidur teratur ternyata sangat erat.

Jadi sebaiknya kamu coba atur lagi jam tidur agar terhindar dari depresi.

3. Obesitas

Kenaikan berat badan apalagi obesitas juga bisa dipicu dengan tidur yang tidak teratur, nih.

Ternyata tidur tidak teratur bisa nurunin produksi leptin atau hormon yang menekan rasa lapar. Sedangkan kalau kamu begadang dan tidur yang tidak teratur bisa memicu hormon ghrelin atau hormon lapar, alhasil mereka yang begadang akan mudah lapar dan mencari makanan saat tengah malam.

4. Diabetes

Tidur tidak teratur bisa mengubah cara tubuh memproses glukosa sehingga dapat menyebabkan diabetes tipe 2.

5. Penyakit Jantung

Hindari begadang dan tidur yang tidak teratur, karena hal ini juga bisa memicu resiko serangan jantung. Hal ini karena detak jantung meningkat, tekanan darah naik, dan peradangan dalam tubuh juga naik.

Semua kondisi tersebut bisa nambah beban kerja jantung dan hal tersebut sangat bahaya.

Itulah 5 bahaya tidur tidak teratur. Cobalah sejak saat ini mengurangi begadang dan tidur tepat waktu agar menghindari beberapa resiko penyakit.

kesehatan Tidur begadang insomnia