5 Cara Agar Baterai HP Kamu Tahan Lama

5 Cara Agar Baterai HP Kamu Tahan Lama Ilustrasi HP lowbat. Foto: Shutterstock.
Jakarta - Baterai smartphone di zaman sekarang rata-rata punya kapasitas antara 3.000-4.000 mAh, dan bisa bertahan seharian. Tapi, selalu ada kejadian di mana baterai HP kamu kehabisan, di saat yang kurang tepat.

Sedangkan, kamu gak bawa powerbank atau menemukan stop kontak untuk melakukan pengisian baterai. Kalo udah kayak gini, apa yang mesti kamu lakukan?

Eits, berikut ini, numbuh akan kasih beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar daya baterai HP kamu bertahan lama. Simak ulasan singkatnya!

1. Matikan Layanan Lokasi
Saat baterai kamu mulai sekarat, ada baiknya untuk mematikan layanan lokasi lebih dulu. Dikuti dari laman The Verge, kalo berada di lokasi yang minim sinyal, itu bisa bikin  baterai lebih cepat terkuras, dibanding saat berada di daerah dengan sinyal yang kuat. So, you better turn off your gadget.  

Kok bisa gitu? Nah, alat penerima GPS di smartphone itu berwujud chip kecil yang selalu kasih perkiraan di mana kamu berada setiap saat.  Jika kamu aktifin layanan lokasi, smartphone akan terus menerima sinyal untuk melakukan pelacakan lokasi yang akurat. Ini bisa bikin baterai smartphone kamu terkuras, lho.

2. Matikan Push Notification untuk Hemat Baterai
Informasi baru yang didapat dari push notification emang berguna. Kamu jadi gak kudet (kurang update) informasi. Misalnya, saat kanal YouTube kesayangan kamu rilis video baru, kamu bisa langsung nonton. Atau dapat notifikasi kalo seseorang baru saja mengikuti akun Instagram kamu, kamu bisa langsung tahu.  

Padahal, push notification itu bisa bikin baterai kamu lebih cepat terkuras. Ini karena aplikasi akan secara otomatis hasilin pesan dari server, dan mengirimnya ke layar smartphone kamu.

Sementara, aplikasi perlu jaringan internet untuk kasih tahu kamu. Jadi, jangan heran kalo baterai kamu cepat habis!

3. Kurangi Kecerahan Layar
Saat berada di luar ruangan, kamu sulit untuk lihat layar smartphone. Gak kehabisan ide, hal ini bisa diatasi dengan naikin brightness atau kecerahan layar. Tapi, layar yang terlalu terang akan bikin baterai HP kamu lebih cepat terkuras. Semakin terang layar, makin banyak daya yang dibutuhkan.  

Layar LCD dengan kecerahan maksimal, akan kurangi baterai 8 persen per jam. Sementara, kalo tipe layar yang digunakan adalah LED, maka baterai akan terkuras 20 persen per jam.

Angka yang cukup signifikan, bukan? Oleh karena itu, lebih baik kurangi kecerahan layar saat kamu gak menggunakannya, ya.

4. Aktifkan Mode Hemat
Kalo gak mau ribet, cukup aktifkan aja mode hemat baterai. Kalo kata laman dari Quartz, di iOS, ada opsi Low Power Mode, dan Android punya Power Saving Mode.

Perangkat lunak ini, bisa modifikasi pemakaian CPU untuk kurangin konsumsi energi. Tapi nanti akan ada fitur yang gak bisa dipakai, setelah kamu aktifin mode hemat daya seperti ini.  

5. Jaga agar suhu tetap normal dan gak overheat
Suhu ideal agar smartphone tetap bekerja dengan baik berapa, sih? Suhu ideal untuk baterai berjenis lithium-ion adalah 0? dan 45?.  

Kalo suhu berada di bawah 0?, jumlah daya yang tersedia dalam baterai akan berkurang. Dikutip dari laman Quartz, hal ini terjadi karena pembatasan pergerakan logam lithium dan ion litium dalam elektroda dan melalui elektrolit. 

Sedangkan, suhu di atas 45?, akan membuat baterai cepat berkurang. Saat kondisi terik, baterai akan kehilangan kemampuan untuk menyimpan daya.  Itulah kenapa, penggunaan smartphone di bawah sinar matahari langsung perlu dihindari, apalagi dalam waktu yang lama. Suhunya bisa meningkat hingga 70?, lho!

Nah, itulah tadi 5 hal yang bisa kamu lakukan untuk hemat baterai HP yang semakin menipis. Kira-kira, #temanumbuh udah pernah coba tips mana yang berhasil? Yuk, tulis di kolom komentar ya! (rfq)

gaya hidup teknologi smartphone batre hp