5 Cara Cegah Diabetes di Usia Muda

5 Cara Cegah Diabetes di Usia Muda Ilustrasi Mengurangi Konsumsi Gula dan Diabetes. Sumber: Freepik

Diabetes udah sejak lama jadi 'musuh' manusia terutama orang dewasa. Tapi siapa sangka nih kalau diabetes juga bisa terjadi pada usia muda, termasuk remaja bahkan anak-anak.

Usia muda yang mengalami diabet tipe-1 menurut Medical News Today punya beberapa gejala seperti penurunan berat badan. Tapi tidak menutup kemungkinan juga kalau usia muda bisa mengalami diabetes tipe-2 yang cukup berbahaya bagi kesehatan.

Maka dari itu, mencegah diabetes bisa dilakukan sejak usia muda dengan mengubah pola hidup. Apa yang dimaksud dengan mengubah pola hidup? Simak informasi berikut!

1. Atur Pola Makan

Coba konsumsi makanan rendah lemak dan nutrisi tinggi seperti gandung, sayur, buah dan lainnya. Bukan cuma ngasih nutrisi buat tubuh, tapi makanan tersebut bisa membantu menjaga berat badan yang sehat, lho!


2. Batasi Makanan Cepat Saji

Ternyata makanan cepat saji bisa memicu diabetes, karena makanan tersebut mengandung gula dan minyak berlebih serta tidak memiliki serat atau nurisi yang baik buat tubuh.

3. Hindari Minuman Manis

Ini jadi salah satu faktor tingginya angka diabetes. Segera hindarin minuman manis dan bersoda, karena mengandung gula yang sangat tinggi, yang bisa memicu diabetes.

4. Aktivitas Fisik

Buat tubuh seaktif mungkin. Perbanyak waktu untuk tubuh bergerak dan jangan terlalu banyak diam atau duduk saja. Hal ini ternyata bisa mencegah diabetes.

Kalau ada waktu luang sebaiknya gunakan untuk berolahraga. Bila tidak, coba untuk olahraga ringan seperti jalan kaki.

5. Konsultasi dengan Dokter

Bila sudah merasa tidak nyaman dengan berat badan dan ingin memperbaikinya, coba konsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Jangan asal diet atau mengurangi makan secara sembarangan.

Itulah beberapa tips atau cara mengubah pola hidup biar mencegah diabetes pada tubuh kamu. Semangat hidup sehat!

kesehatan diabetes gula