5 Cara Cegah Rasa Kantuk Setelah Makan Siang

5 Cara Cegah Rasa Kantuk Setelah Makan Siang Ilustrasi Ngantuk. Sumber: Istimewa

Pernah tidak kamu merasa ngantuk setelah makan siang? Hal ini kayaknya pernah dialami sama semua orang, apalagi kalau makan siang dengna porsi yang berat.

Ternyata rasa ngantuk setelah makan siang adalah kondisi normal, tapi tentu aja bisa mengganggu aktivitas terutama apabila sedang bekerja.

Biar tidak ngantuk setelah makan siang, Numbuh punya cara efektif buat mencegahnya, nih. Simak informasinya.

1. Mulailah Bergerak

Kebiasaan orang kalau setelah makan siang adalah diam duduk atau bahkan ada yang tiduran, hal ini salah banget. Hal tersebut malah ngebuat kamu jadi ngantuk.

Makannya, setelah makan siang coba untuk aktif bergerak atau olahraga kecil seperti jalan kaki kecil keliling rumah/kantor selama 15 menit. Hal ini bisa ningkatin aliran darah sehingga distribusi nutrisi makanan jadi lancar.

2. Perhatikan Menu Makan

Batasi diri kamu buat mengonsumsi gula tinggi saat makan siang. Coba buat menu makan yang sederhana yan kaya nutrisi. Hindari makan terlalu banyak nasi putih deh, dijamin rasa ngantuk jadi berkurang.

Perbanyak juga asupan sayur dan buah kalau bisa, hal ini bisa ngimbangin nutrisi yang diperluin tubuh.

3. Berhenti Makan Sebelum Kenyang

Rata - rata orang yang makan terlalu kenyang dalam beberapa saat kemudian akan berasa ngantuk yang hebat. Kok bisa? Karena tubuh jadi butuh energi besar saat mencerna makanan yang banyak dari porsi biasanya.

Sebaiknya hindari makan terlalu kenyang, coba berhenti makan sebelum kenyang.

4. Sempatkan Sarapan

Biar pas makan siang tidak terlalu kenyang, sebaiknya sarapan pagi secara rutin, tapi inget ya sarapan juga jangan berlebihan. Soalnya inti dari sarapan adalah makan seperlunya, meski porsi dikit tapi punya nutrisi yang cukup buat tubuh menjalani aktivitas sebelum makan siang.

5. Minum Air Putih 

Salah satu manfaat minum air putih adalah menjaga konsentrasi. Rasa ngantuk juga ternyata tubuh sedang mengalami dehidrasi, lho. Maka dari itu, coba penuhi cairan tubuh setelah makan siang.

Tubuh membutuhkan paling tidak 1,5 - 2 liter air dalam sehari.

Itulah beberapa tips cegah ngantuk setelah makan siang, Semoga bermanfaat!

kesehatan Tidur Ngantuk