5 Fakta dan Sejarah Tentang Badminton

5 Fakta dan Sejarah Tentang Badminton Ilustrasi badminton. Freepik

Jakarta - Badminton atau Bulutangkis jadi salah satu cabang olahraga yang populer di Asia bahkan Indonesia. Udah banyak banget prestasi yang diraih Indonesia di Badminton dari dulu sampai saat ini.

Banyak juga gelaran dunia syarat kemewahan yang disajikan oleh Badminton di seluruh penjuru dunia.

Nah kali ini, numbuh bakal ceritain sejarah olahraga Badminton ini muncul pertama kali.

1. Kontroversi Penemuan Pertama Kali Badminton

Banyak spekulasi yang bingung tentang sejarah awal pertama kalinya olahraga ini ditemukan. Banyak orang percaya, Badminton ditemukan di Inggris. Tapi, ada juga yang bilang kalo Badminton pertama kali ditemuin di China.

Sedangkan Ngutip dari Tirto, menurut catatan Bernard Adams dalam The Badminton Story (1980), bulutangkis mulai berkembang di India pada abad ke-17. Saat itu, permainan ini yang dikenal dengan nama battledore.

2. All England Adalah Turnamen Badminton Tertua di Dunia

Sebelumnya, turnamen All England sempat bernama Open English Championship di tahun 1898-1901, ini adalah turnamen tertua di Dunia. 

Lalu tahun 1902, turnamen ini resmi berubah nama jadi All England. Di tahun pertama, All England cuma memainkan tiga kategori saja, ada ganda putra, ganda putri, dan ganda campuran. Namun di tahun berikutnya, All England nambah kategori tunggal putra dan putri.

Sejauh ini, Inggris jadi peraih gelar terbanyak di All England dengan lebih dari 150 titel.

3. Federasi Badminton Dunia Berdiri Tahun 1934

Kala itu, federasi badminton dunia bernama International Badminton Federation atau IBF yang berbasis di Gloucestershire, Inggris.

Tahun 2006, nama IBF ganti jadi BWF atau Badminton World Federation. Sejak berdirinya federasi ini, udah banyak turnamen yang dibuat oleh BWF, seperti Thomas Cup, Uber Cup, Sudirman Cup dan lainnya.

4. Jadi Cabang Olahraga Olimpiade Di Tahun 1992

Sejak diperkenalkan di Olimpiade Munich 1972, badminton resmi jadi cabang olahraga di gelaran akbar dunia Olimpiade pada tahun 1992.

Olimpiade 1992 yang digelar di Barcelona ini, nampilin badminton dengan empat kategori pertandingan. Yaitu tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, dan ganda putri.

5. Rekor Bergengsi Pemain Indonesia di Ajang Dunia

Susi Susanti adalah legenda hidup bulutangkis Indonesia dengan menorehkan rekor empat kali juara All England berturut-turut pada 1990, 1991, 1993, 1994.

Ada juga ganda putra andalan Indonesia saat ini. Markus Gideon-Kevin Sanjaya yang menorehkan ganda putra terbaik sepanjang sejarah Super Series.

Pencapaian The Minions terbukti dengan 7 kali juara dan 2 runner-up di Super Series. Pencapaian ini ngebuat mereka raih ranking No. 1 dunia, lho.

Nah, itu tadi beberapa sejarah dan fakta seputar olahraga Badminton. Semoga aja, Badminton Indonesia semakin bersinar dan jaya selalu. (jod)

bulutangkis all england 2021 sejarah Badminton