5 Fakta Tanaman Porang yang Beromzet Puluhan Juta

5 Fakta Tanaman Porang yang Beromzet Puluhan Juta Tanaman Porang. Foto: Antara.

Jakarta - Tanaman Porang kembali jadi perhatian karena punya nilai jual yang tinggi. Kisah sukses para petani menanam porang mencuat, salah satunya dari petani di Kampung Lendo, Desa Gunung Baru, Kecamatan Kota Komba Utara, Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur, yang meraup keuntungan hingga Rp 50 juta. Aktivitasnya menanam porang berawal dari mencabut bibitnya di hutan.

Gak cuma petani asal NTT, keuntungan juga dirasakan oleh sejumlah petani porang dari berbagai daerah seperti Madiun, Kalimantan Selatan, Wonogiri dan berbagai daerah lainnya.

Nah, berikut ini, numbuh akan kasih tahu beberapa fakta terkait tanaman porang yang kabarnya bisa beromzet sampai puluhan juta.

1. Nama ilmiah

Tanaman yang berasal dari marga Amorphophallus ini, rupanya punya nama ilmiah Amorphophallus muelleri. Peneliti Biologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Ina Erlinawati bilang, porang masih keluarga bunga bangkai. 


"Iya (masih keluarga bunga bangkai), masih satu marga Amorphophallus, tapi nama latin untuk jenis Porang adalah Amorphophallus muelleri," ujar Ina, dikutip dari kompas.com, Kamis (15/4).


2. Kandungan gizi 

Meski masih dari keluarga bunga bangkai dan menghasilkan bau yang kurang sedap, rupanya tanaman porang punya banyak khasiat, lho.


Pada bagian umbinya, tanaman porang punya kandungan Glukomanan dan kalsium yang tinggi. Bahkan, menurut web Balai Penelitian Tanaman Aneka Kacang dan Umbi, tanaman porang juga mengandung karbohidrat, lemak, protein mineral, vitamin, kristal kalsium oksalat, alkaloid, dan serat pangan. 


Karbohidrat dalam tanaman porang terdiri dari unsur pati, glukomanan serat kasar, dan gula reduksi. Jika dibandingkan kerabatnya yang lain, kandungan glukomanan pada porang lebih tinggi. 


Tapi kamu mesti hati-hati ya. Sebab, porang juga mengandung kristal kalsium oksalat yang berbentuk jarum. Kandungan inilah yang menyebabkan lidah dan tenggorokan gatal dan panas saat mengkonsumsinya.



3. Ciri porang 

Supaya kamu gak salah, Tanaman Porang punya ciri-ciri tersendiri. Nih, porang punya seludang bunga memelintir dengan bagian dalam warna merah muda, serta bercak putih dan mengeluarkan bau busuk saat mekar. Bunga tersebut menarik lalat untuk penyerbukan.


Porang juga punya bulbil, yakni tonjolan berwarna coklat berbetuk bulat yang tumbuh di bagian daun porang. Satu tanaman porang bisa menghasilkan 1-20 bulbil dengan bentuk dan ukuran yang beragam, tergantung letak percabangan tulang daun. 


Bulbil inilah yang bisa dimanfaatkan untuk budidaya lebih lanjut, selain memakai bagian ubi. 


4. Beda dengan suweg 

Porang banyak dinilai mirip dengan tanaman suweg. Akan tetapi, porang berbeda dengan suweg, dilihat dari keberadaan bulbil di daunnya. 


“Dia (porang) di daunnya punya bulbil yang tidak dimiliki suweg,” ujar Ina. 


Ina juga ngejelasin, umbi porang berwarna coklat tua dan bagian dalam kuning atau jingga. Sementara suweg, umbi berwarna putih dengan semburat warna merah jambu atau ungu. 


5. Tips tanam porang dengan sistem terasering 

Dikutip dari kompas.com, Kamis (15/4), petani porang asal NTT, Agustinus Adil, bilang, menanam porang dengan sistem terasering akan mendapatkan hasil yang lebih bagus.


Gak cuma itu, pemupukan juga lebih baik dilakukan secara alami memakai daun-daun kering. Porang juga harus ditanam di tanah gembur untuk dapat hasil yang berkembang. 


Bebatuan dan akar kayu dalam tanah juga harus dihilangkan saat akan menanam porang. Untuk penanaman jarak tanam antar benih sekitar 60 sentimeter. Selain itu, sebaiknya gak mencampur tanaman porang dengan tanaman lain karena jika berimpit, porang berpotensi gak berkembang.


Di dalam perkebunan porang juga gak diperkenankan adanya tanaman kemiri. Hal ini karena akan menyebabkan porang gak berkembang karena penuh dengan akar. Porang juga jangan diberi pupuk dan disemprot bahan kimia.


Nah, itu tadi beberapa fakta dan tips mengenai tanaman porang yang kini tengah jadi primadona di dunia pertanian. Kira-kira, #temanumbuh ada yang tertarik untuk menanam Tanaman Porang juga? (rfq)


pertanian kementan tanaman tanaman porang