5 Film Dokumenter Soal Alam yang Tayang di Netflix

5 Film Dokumenter Soal Alam yang Tayang di Netflix Film Dokumenter Soal Alam. Foto: iMDb.
Jakarta - Film dokumenter menjadi salah satu sarana untuk dapat memberikan kritikan sosial kepada sejumlah pihak. Lewat tampilan visual yang apik dan cerita yang menyentuh, dirasa ampuh untuk membuat penonton tersadar.

Nah berikut ini, numbuh akan kasih beberapa rekomendasi film dokumenter soal alam, yang tayang di Netflix. Simak ulasan singkatnya, ya!

1. Seaspiracy


Film dokumenter yang diproduksi sutradara Ali Tabrizi ini, mengungkapkan tentang fakta di balik industri perikanan dunia. Dalam trailer berdurasi 2:20 menit, sang sutradara mengungkap sejumlah hal yang mendorongnya untuk memulai proyek ini.

Ali punya kekaguman yang besar pada laut sejak ia kecil. Tapi, persepsinya berubah setelah dia tahu fakta tentang dampak dari aktivitas manusia terhadap kerusakan laut.

Gak cuma nyumbang limbah lautan terbesar, manusia juga mengancam keberlangsungan ekosistem laut lewat praktik overfishing.  

 Film ini juga mengupas topik tentang kerusakan lautan secara mendalam. Sejumlah ahli bidang kelautan serta pemerhati lingkungan hidup, juga dihadirkan dengan pemaparan akan bahaya yang ditimbulkan dari fenomena kelebihan tangkap.

2. My Octopus Teacher

Film dokumenter ini mengisahkan tentang seorang pria yang tinggal Afrika Selatan, bernama Craig Foster, yang begitu bersahabat dengan gurita besar. 

Meski awalnya, sang gurita sempat takut dan menjauh dari Craig. Tiap kali Craig mendekat, gurita ini akan bersembunyi di sela karang, seperti saat gurita bertemu dengan hewan predator.  

Namun ternyata, hanya butuh satu minggu untuk kemudian gurita ini perlahan mendekat dengan Craig. Setiap momen kebersamaan dengan gurita itu, didokumentasikan oleh Craig.

Sesuai judulnya, My Octopus Teacher, film ini memang mengajarkan penonton banyak hal. Yang paling utama, jelas bahwa kamu harus menjaga lingkungan. Sebab, bumi ini gak cuma diisi oleh manusia, namun juga makhluk hidup lain.

3. Chasing Coral

Kenyataan pahit itulah yang tersaji secara apik dan menarik dalam film Chasing Coral (2017) karya Jeff Orlowski. Lewat tayangan dokumenter berdurasi 90 menit ini, Orlowski mengajak kita untuk menyaksikan langsung fenomena coral bleaching yang tengah mengancam ekosistem perairan global.

Sederhananya, coral bleaching adalah fenomena perubahan warna pada terumbu karang, dari yang sebelumnya berwarna hijau atau coklat menjadi putih pudar. Fenomena ini dipicu oleh perubahan suhu laut secara mendadak, yang pada akhirnya bisa mengakibatkan kematian karang. 

Kenyataan itu pula yang ditemukan Jeff Orlowski dan timnya sepanjang proses pembuatan Chasing Coral. “Dua puluh sembilan persen karang di Great Barrier Reef memutih dan mati massal hanya dalam waktu setahun, dan itu terjadi karena laut berubah menjadi panas. Ini adalah alarm untuk kita semua,” ujar Orlowski dalam sebuah wawancara di media internasional.

4. Mission Blue

Film dokumenter Mission Blue mengisahkan soal perjalanan seorang ilmuan terkenal, Dr Sylvia Earle, yang melakukan perjalanan keliling dunia. Dia melakukan misi untuk menyelamatkan laut.

Film ini bertujuan untuk melindungi bawah laut dan menciptakan taman nasional bawah laut. Gak cuma itu, lewat film ini juga diharapkan para pencari ikan untuk gak ambil ikan dengan cara membom dan pengeboran.

Mission Blue juga menceritakan desa Cabo Pulmo di Meksiko, yang mana nelayan bikin kehidupan bawah laut dengan baik dan menjadikan kehidupan laut sebagai objek wisata.

5. Night on Earth

Night on Earth merupakan serial British tentang alam yang dibuat oleh Netflix.  Serial berisi enam episode ini, diisi narasinya oleh Samira Wiley dan diproduseri Plimsoll Productions. 

Night on Earth bercerita tentang hewan-hewan yang justru aktif di malam hari. Dalam membuat serial ini, Netflix menggunakan teknologi kamera dengan low-light agar bisa menangkap semua keunikan aktivitas hewan-hewan di malam hari.  (rfq)

lingkungan film rekomendasi film netflix film dokumenter kehidupan alam