5 Gunung di Indonesia yang Jadi Favorit Para Pendaki

5 Gunung di Indonesia yang Jadi Favorit Para Pendaki Ilustrasi Gunung Semeru. Sumber: Istimewa

Wisata gunung di Indonesia memang selalu jadi daya tarik tersendiri saat liburan tiba terutama buat para pendaki. Pemandangan dan pesona alamnya ngebuat para pendaki rela cape demi bisa nikmatin keindahannya.

Dari sekian banyaknya gunung di Indonesia, ada beberapa di antaranya yang jadi favorit para pendaki handal atau profesional. Berikut informasi wisata gunung di Indonesia favorit para pendaki.

1. Gunung Semeru

Gunung Semeru adalah gunung tertinggi di pulau Jawa. Semeru terletak di Kabupaten Lumajang dengan ketinggian 3.676 meter di atas permukaan laut.

Gunung yang biasa disebut Mahameru ini ternyata masih aktif dan merupakan gunung berapi tertinggi ketiga di Indonesia, lho!

Gunung Semeru kerap di datangi para pendaki berpengalaman karena ketinggiannya dan jalur pendakian yang cukup sulit. Bagi pendaki yang ingin mendaki Semeru wajib banget mempersiapkan fisik dan mental yang kuat.



2. Gunung Slamet

Gunung Slamet adalah gunung aktif yang memiliki predikat sebagai atapnya Jawa Tengah dengan ketinggian 3.429 mdpl. Gunung Slamet selalu jadi favorit para pendaki karena memiliki jalur yang sulit dan medan yang curam, nih!

Saat pendaki sampai di puncak gunung Slamet, para pendaki bisa ngeliat kawah aktif. Para pendaki juga harus selalu waspada kalau pengen mendaki gunung Slamet karena sewaktu-waktu gunung Slamet bisa mengalami erupsi.

3. Gunung Kerinci

Gunung Kerinci merupakan gunung tertingi di Indonesia bahkan di Asia Tenggara. Kerinci dikenal juga oleh para pendaki dengan jalur pendakian cukup ekstrim. Karena untuk mendaki gunung Kerinci cuma ada satu jalur yaitu jalur Kersik Tuo.

Selain jalurnya yang ekstrim, di gunung Kerinci masih banyak hewan buas dan liar yang berkeiaran, salah satunya Harimau Sumatra. Durasi pendakian di Gunung Kerinci juga cukup menguras tenaga, karena pendaki bisa mencapai puncak paling lama 3 hari 2 malam.

Namun, setelah pendaki berhasil sampai di puncak gunung Kerinci, pendaki bisa melihat keindahan Samudra Hindia sekaligus melihat keindahan Sumatera Barat.

4.Gunung Arjuno 

Gunung Arjuno rupanya gunung berapi istirahat yang berada di kota Malang, Jawa Timur, Indonesia. Gunung Arjuno terletak diantara Kota Batu, Kabupaten Malang dan Kabupaten Pasuruan, Taman Hutan Raya Raden adalah pengelola Gunung Arjuno.

Gunung Arjuno memiliki ketinggian 3.339 mdpl dan menjadi salah satu gunung tertinggi di Pulau Jawa, bagi para pendaki yang ingin melakukan pendakian, Gunung Arjuno memiliki 4 jalur yang bisa dilalui, yaitu Jalur Lawang dari Arah Timur, Jalur Tretes dari Utara Gunung Arjuno, Jalur Batu Arah Barat, dan Jalur Purwosari dari Arah Selatan Gunung Arjuno.

Gunung Arjuno juga jadi favorit para pendaki karena terdapat objek wisata seperti air terjun bernama Kakek Bodo. Gunung Arjuno juga terdapat mata air Sungai Berantas yang terletak di Desa Sumber Brantas.

5. Gunung Rinjani

Gunung Rinjani adalah gunung berapi kedua tertinggi di Indonesia yang terletak di Pulau Lombok, NTB. Rinjani memiliki ketinggian 3.726 mdpl yang juga termasuk salah satu Seven Summits Indonesia.

Rinjani jadi favorit pendaki karena keindahan alam dan jalurnya yang sangat menantang, selain itu juga Rinjani masih berstatus gunung aktif yang sewaktu-waktu bisa erupsi. Rinjani juga memiliki beberapa mitos terkenal yang berhubungan dengan dunia mistis.

Gunung Rinjani sangat populer karena termasuk bagian dari Taman Nasional Rinjani yang dihuni oleh ribuan spesies flora dan fauna di Indonesia.

Itulah beberapa gunung yang selalu jadi favorit atau pilihan para pendaki di Indonesia. Buat yang mau mendaki beberapa gunung diatas, sebaiknya siapin mental dan fisik dulu, ya!

pegunungan gunung indonesia Pendaki