5 Hal yang Harus Kamu Lakukan Setelah Beli Smartphone Baru

5 Hal yang Harus Kamu Lakukan Setelah Beli Smartphone Baru Ilustrasi smartphone baru.

Jakarta - Setelah beli smartphone baru, ternyata gak cuma asal langsung dipake aja, lho. Tapi ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan saat beli smartphone baru.  


Hal itu supaya, smartphone kamu bisa berfungsi dan bertahan sampai lama ketika udah sering digunakan. Nah, berikut ini, numbuh akan kasih beberapa tips yang harus kamu lakukan setelah beli smartphone baru. 


1. Matikan dan isi daya sampai 100 persen dulu

Setelah beli smartphone, biasanya kamu disarankan untuk mematikan gadget dan mengisinya hingga 100 persen. Biasanya, waktu pengisian daya ini memakan waktu antara 2-3 jam hingga terisi penuh. 


Dilansir dari laman Verizon Wireless, kalo udah diisi baterainya, kamu tinggal melakukan proses aktivasi dengan memasukkan kartu SIM di smartphone baru.


2. Mengatur kata sandi dan layar kunci untuk melindungi privasi

Berikutnya, kamu wajib melindungi privasi dengan membuat kata sandi, nomor PIN atau pola untuk membuka smartphone. Bisa juga, kamu mengandalkan fitur face lock atau sidik jari, kalo tersedia di smartphone baru kamu. 


Hal ini berguna untuk mencegah seseorang melanggar privasi, dan membuka isi gadget tanpa izin dari kamu.


3. Segera terkoneksi dengan akun Google

Hal penting yang harus dilakukan setelahnya adalah terkoneksi ke akun Google. Saat ini, kamu semua bergantung pada layanan Google, mulai dari Gmail, Google Maps, Google Chrome, Google Drive dan lain sebagainya. 


Yang paling penting adalah terkoneksi dengan Gmail dulu nih. Supaya kamu bisa masuk ke akun sosial media dan aplikasi.


4. Mengisi gadget dengan aplikasi yang kita butuhkan

Biasanya, setelah membeli smartphone baru, gak semua aplikasi yang kamu inginkan udah tersedia. Jadi, kamu harus download lagi aplikasi yang dibutuhkan.


Tapi perlu diingat, kalo mau download aplikasi harus dari sumber yang jelas, seperti Google Playstore atau AppStore.


5. Sebelum kuota jebol, unduh aplikasi data plan dulu!

Punya smartphone baru membuat kamu kadang suka lupa diri, asyik menjelajahi fiturnya, dan mengunduh banyak aplikasi baru. Tanpa disadari, hal itu bisa membuat kuota jebol, lho! Solusinya, pasang aplikasi data plan dulu untuk mencegah kamu gunakan paket internet di luar batas, dan melacak pemakaian data kamu setiap bulannya. (rfq)


teknologi tips smartphone