5 Kebakaran di Gedung Lembaga Pemerintah yang Tengah Tangani Sejumlah Polemik

5 Kebakaran di Gedung Lembaga Pemerintah yang Tengah Tangani Sejumlah Polemik Kebakaran di Gedung Kejaksaan Agung. Foto: Kompas.com

Jakarta - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) akhir-akhir ini tengah menjadi sorotan lantaran pandemi Covid-19 yang terus bergejolak. Mulai dari mengeluarkan aturan penggunaan vaksin hingga obat-obatan yang digunakan untuk atas Covid-19.

Namun, pada Minggu (18/7) sekitar pukul 21.30, Gedung BPOM  yang berada di Jalan Percetakan Negara, Jakarta Pusat, alami kebakaran. Api berhasil dipadamakn sekitar pukul 22.31 WIB.

Nah, kali ini, numbuh merangkum beberapa gedung lembaga pemerintah yang kebakaran, ketika tengah tangani sejumlah polemik. Apa saja? Simak ulasan singkat berikut.

1. Gedung Bank Indonesia (1997)

Dikutip dari Harian Kompas, pada 9 Desember 1997, kebakaran di gedung Bank Indonesia (BI) terjadi pada 8 Desember 1997. Mantan Ketua MPR Amien Rais kala itu menyebutkan, kebakaran tersebut terkait dengan skandal Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI). 

Saat itu, yang menjadi sorotan, gedung tersebut belum memiliki Izin Penggunaan Bangunan (IPB), tapi sudah ditempati. Isu kebakaran ini juga dikaitkan dengan skandal BLBI sudah ada sejak lama. 

Diduga, dokumen-dokumen terkait BLBI terbakar dalam peristiwa tersebut. Akan tetapi, Gubernur BI kala itu, Joseph Soedradjad Dwiwandono, membantahnya.

2. Gedung BPKP (2000)

Kebakaran di lantai 3 Gedung Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP), terjadi pada 12 Oktober 2000. Kebakaran ini, juga dikaitkan dengan kasus BLBI.

Diberitakan Harian Kompas, 17 Oktober 2000, aparat Polres Metro Jakarta Pusat memastikan kebakaran di Gedung BPKP karena unsur kesengajaan. Pelakunya yaitu karyawan BPKP, Zainul Arifin (48).

Zainul menjadi tersangka tunggal. Dia disebut menggunakan minyak tanah dalam kasus tersebut.

3. Gedung ESDM (2014)

Dikutip Harian Kompas, 20 September 2014, sebuah gudang penyimpanan di gedung Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, terbakar. Kebakaran terjadi pada 19 September 2014 pukul 19.10 WIB.

Beberapa hari sebelumnya, Menteri ESDM Jero Wacik ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Diberitakan Kompas.com, 9 Oktober 2014, Jero Wacik ditetapkan menjadi tersangka atas kasus pemerasan di Kementerian ESDM pada 2 September 2014.

4. Gedung Kejaksaan Agung (2020)

Gedung Kejaksaan Agung terjadi kebakaran pada 22 Agustus 2020 lalu. Gedung yang terbakar adalah Gedung Pembinaan di bagian utara. Di dalam gedung tersebut, ada sejumlah biro, yaitu Biro Kepegawaian, Biro Keuangan, Biro Perencanaan, dan Biro Umum.

Dikutip dari kompas.com, perbincangan kebakaran itu dikaitkan dengan pengembangan kasus Djoko Tjandra, terpidana kasus pengalihan hak tagih (cessie) Bank Bali, yang ditangani pihak Kejagung pun ramai di masyarakat. 

Apalagi, pengembangan kasus itu menjadikan seorang jaksa, Pinangki Sirna Malasari, tersangka kasus dugaan korupsi berupa penerimaan hadiah atau janji. Namun, Jaksa Agung ST Burhanuddin memastikan tidak ada bekas perkara atau alat bukti yang terbakar dalam peristiwa ini.

5. Gedung BPOM (2021)


Gedung Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Jakarta, mengalami kebakaran pada Minggu, 18 Juli 2021, pukul 21.30 WIB. Penyebab kebakaran diduga karena hubungan arus pendek atau korsleting listrik.

BPOM pun akhir-akhir ini tengah menjadi sorotan publik karena tengah menangani sejumlah polemik. Mulai dari vaksin, hingga penggunaan obat-obatan untuk mengatasi Covid-19.

"Kerusakan terjadi di 1 ruangan dan tidak mengganggu fungsi pelayanan di Badan POM," tulis BPOM di laman resmi mereka, pom.go.id, pada Senin, 19 Juli 2021. (rfq)

kebakaran listicle news gedung bank indonesia gedung kejaksaan agung gedung bpom