5 Kebiasaan Buruk yang Bisa Merusak Kulit

5 Kebiasaan Buruk yang Bisa Merusak Kulit Ilustrasi Perawatan Kulit. Sumber:Freepik

Kulit adalah salah satu bagian tubuh yang harus selalu dijaga kesehatannya. Kulit sehat tentu aja bisa ngebuat seseorang terlihat segar dan awet muda.

Tapi, masih banyak orang yang abai sama kesehatan kulit. Malah banyak hal - hal yang bisa ngebuat kulit rusak dari kebiasaan buruk yang sebenernya tidak disangka - sangka.

Penasaran kebiasaan buruk apa yang bisa ngebuat kulit rusak? Simak informasinya.

1. Mandi Air Hangat

Memang, mandi air hangat bisa ngebuat badan kembali segar dan rileks. Tapi ternyata, kebiasaan mandi air hangat bisa ngerusak kulit, lho.

Air yang terlalu panas bisa mengganggu kelembapan kulit ternyata, dan hal tersebut bisa memicu kulit yang memerah dan gatal.

2. Merokok

Merokok memang tidak sehat bagi tubuh, jangankan kulit, organ dalam saja bisa rusak seperti paru-paru.

Salah satu kandungan dalam rokok seperti nikotin, bisa menghambat aliran darah ke kulit. Akibatnya, kulit kekurangan oksigen dan nutrisi yang sejatinya sebagai pelindung kulit dan pelembap kulit.

3. Terlalu Banyak Mengonsumsi Gula

Kebanyakan mengonsumsi gula yang tidak diimbangin sama buah atau sayur bisa ngerusak kulit.

Mengurangi konsumsi gula bisa mencegah penuaan Banyak juga penelitian yang menemukan bahwa mengonsumsi buah dan sayur segar bisa membantu mencegah kerusakan yang bisa menyebabkan penuaan kulit.

4. Tidak Menggunakan Tabir Surya

Jangan pernah sepele terhadap penggunaan tabir surya. Sinar matahari tidak selalu baik buat tubuh, terdapat Sinar ultraviolet (UV) yang kalau kena kulit bisa memicu kering kulit bahkan memicu kanker lho.

Makannya, pastikan selalu pakai tabir surya bila ingin berkegiatan di siang hari.

5. Stres Berkepanjangan

Kondisi mental dan pikiran juga bisa berpengaruh ke kulit, nih. Biasanya mereka yang stres dan depresi akan mengabaikan kesehatan kulit yang nantinya bisa memicu iritasi dan kanker.

Itulah beberapa informasi yang bisa ngerusak kulit kamu. Mulai sekarang, sadarilah mengenai kesehatan kulit kamu, jangan abai lagi, ya!

kesehatan kulit