5 Makanan Khas Sunda yang Paling Populer di Indonesia

5 Makanan Khas Sunda yang Paling Populer di Indonesia Batagor. Foto: Instagram @tanggalmuda.id

Jakarta - Makanan khas Sunda punya cita rasa yang berbeda, hingga populer di Indonesia. Salah satu ciri khasnya yaitu memiliki rasa pedas yang begitu menggoda.

Bahkan, makanan itu gak cuma dijual di daerah Jawa Barat aja, tapi kamu juga bisa nemuin jajanan itu ada di berbagai kota lainnya.

Nah berikut ini, numbuh akan share 5 makanan khas sunda yang populer di Indonesia. Apa aja? Simak ulasan berikut.

1. Batagor

Makanan yang terbuat dari bahan dasar ikan dan tepung ini, tentunya udah gak asing kan? Biasanya, batagor juga disajikan dengan bumbu kacang, kecap, saus, hingga jeruk nipis.

Kamu juga bisa dengan mudah menemukan batagor ini, baik di pinggir jalan atau di restoran. Lalu, gak cuma di wilayah Jawa Barat, batagor juga udah banyak dijual di daerah lainnya.

2. Seblak

Buat pecinta makanan pedas dan gurih, seblak bisa jadi salah satu pilihannya. Makanan yang disajikan dengan kuas yang khas, memiliki beragam isian mulai dari kerupuk basah, irisan ayam, bakso, telur, sosis, dan beberapa lainnya.

Gak cuma Jawa Barat aja, tapi seblak juga bisa kamu temukan dan cicipi di daerah lainnya.

3. Cireng

Terbuat dari tepung kanji, terigu, daun bawang, hingga bawang putih, cireng menjadi salah satu jajanan khas Sunda yang cukup digemari masyarakat.

Gak cuma di Jawa Barat, Cireng juga banyak dijual di sejumlah daerah. Bahkan, ada yang menyajikan cireng ini dengan bumbu rujak dan juga cabai rawit.

4. Mie Kocok

Dingin-dingin dikala cuaca rintik hujan turun, paling enak nikmatin yang hangat-hangat, misalnya, mie kocok. Makanan khas sunda ini, disajikan dengan kuah kaldu sapi yang kental.

Selain itu, ada juga isian yang beragam seperti mie kuning, irisan kikil, bakso, seledri, dan daun bawang.

5. Sate Maranggi

Makanan khas sunda berikutnya yang populer di Tanah Air yakni sate maranggi. Sate yang berisi potongan daging sapi atau kambing ini, memiliki perbedaan dari cara penyajiannya.

Kalo sate biasa kan dikasih bumbu kacang, tapi kalo sate maranggi disajikan dengan acar dan dibumbui kecap manis.

Gimana, #temanumbuh udah pernah coba semua makanan khas Sunda di atas belum? (rfq)

jawa barat makanan batagor tamasya makanan khas sunda kuliner