5 Manfaat Berkebun Dirumah Untuk Kesehatan

5 Manfaat Berkebun Dirumah Untuk Kesehatan Ilustrasi Berkebun. Sumber: Istimewa

Berkebun sekarang udah jadi hobi bagi banyak orang, apalagi disaat pandemi Covid-19 seperti ini. Banyak orang yang menghabiskan waktunya dirumah aja dengan berkebun.

Berkebun jaman sekarang bisa dilakuin di pekarangan rumah yang sempit sekalipun, gaya urban farming dengan metode hirdoponik adalah solusinya.

Kegiatan berkebun bukan cuma menghabiskan waktu atau menjalankan hobi aja, berkebun juga ternyata punya segelintir manfaat yang bagus buat kesehatan, lho. Diantaranya adalah:

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kegiatan berkebun di pagi hari bakal ngebuat tubuh terpapar sinar matahari pagi yang sangat bagus buat tubuh. Paparan sinar matahari pagi bisa menambah vitamin D buat kebugaran tubuh, loh.

2. Menghilangkan Rasa Stres dan Jenuh

Aktivitas dirumah aja pas pandemi Covid-19 seperti ini pastinya ngebuat kamu ngerasa jenuh apalagi stres. Nah, buat ngilangin rasa stres dan jenuh, kamu bisa coba kegiatan berkebun.

Menanam tanaman yang kamu sukai dan melihat perkembangannya setiap hari, mulai dari tumbuhnya tunas, daun, bunga, hingga buah atau sayuran yang dapat kamu panen, dapat membuatmu merasa senang dan bangga.

3. Membakar Kalori

Mau hidup sehat dengan cara yang menyenangkan? Berkebun adalah salah satu caranya. Ketika kamu melakukan aktivitas di kebun seperti menggali, menanam, memupuk, dan menyiram, ada kalori yang terbakar dalam tubuh. Menurut CDC (Central for Disease Control and Prevention), berkebun selama satu jam bisa membakar sekitar 330 kalori.

4. Menjaga Kesehatan Otak

Sebuah penelitian menungkapkan kalau berkebun bisa menjaga kesehatan otak karena kegiatan tersebut membuat pikiran jadi sibuk, fokus dan sekaligus membuka kesempatan untuk berinteraksi dengan tanaman-tanaman yang ditanam.

5. Menurunkan Tekanan Darah

Ada sebuah penelitian yang bilang kalau melakukan setidaknya 30 menit aktivitas fisik tingkat sedang hampir setiap hari dalam seminggu dapat mencegah dan mengendalikan tekanan darah tinggi. Bahkan, The National Heart, Lung, & Blood Institute merekomendasikan berkebun selama 30-45 menit sebagai contoh untuk menjaga tubuh tetap fit.

(jod)

urban farming berkebun hidroponik kesehatan