5 Mitos yang Masih Banyak Dipercaya Masyarakat

5 Mitos yang Masih Banyak Dipercaya Masyarakat Ilustrasi Mengenai Mitos. Sumber: Freepik

Masyarakat Indonesia memang masih banyak yang percaya dengan mitos. Kebanyakan mitos yang beredar biasanya dipengaruhi oleh banyak sumber non-ilmiah. Mulai dari kepercayaan yang berkaitan sama makhluk halus, fenomena alam, sampai tradisi masa lalu yang seringkali di luar logika.

Menariknya, beberapa mitos ternyata masih sangat populer hingga banyak juga yang tetap dipercaya, lho. Apa aja? Simak informasi berikut!

1. Larangan keluar saat magrib

Masyarakat di Jawa biasanya percaya sama mitos larangan keluar rumah pas magrib. Ada kepercayaan kalau di waktu tersebut makhluk halus banyak berkeliaran yang bakal menculik terutama anak-anak. 

2. Posisi rumah tusuk sate

Pernah dengar jangan memilih rumah dengan posisi tusuk sate? Menurut kepercayaan masyarakat, rumah tusuk sate katanya bisa membawa sial, sebab bakal membawa aura negatif seperti hawa panas terus menerus. Makannya, banyak orang yang menghindari rumah tusuk sate sebagai hunian mereka.

3. Anak gadis yang duduk di depan pintu akan susah dapat jodoh

Mitos yang satu cukup legendaris, terutama di masyarakat Pulau Jawa. Mungkin alasan sebenarnya karena kalau duduk di depan pintu bakal menghalangi jalan. Tapi, 'ancaman' susah dapat jodoh kayaknya lebih manjur dibanding larangan demi sopan santun.

4. Membuka payung di dalam rumah

Mitos satu ini juga sangat populer dan kerap jadi pantangan. Nyatanya, membuka payung di dalam rumah juga banyak dihindari orang, lho. Mitosnya, hal ini bisa mendatangkan nasib sial. Mungkin logikanya kalau buka payung di dalam rumah dapat menghalangi jalan atau ditakutkan dapat menyenggol perabotan di dalam rumah.

5. Ngantongin Batu

Mitos ini sudah populer sejak jaman dulu, katanya kalau ada orang yang kebelet buang air namun tidak menemukan toilet sebaiknya megang atau ngantongin batu biar kebeletnya ilang. Tapi kalau menurut akal sehat, disaat kebelet lalu memegang atau ngantongin batu bisa mengalihkan pemikiran kita dari rasa kebelet tersebut.

Gimana? Mitos-mitos tadi masih cukup populer, bukan? Kalau ada yang mau nambahi, boleh, kok share di kolom komentar.

Mitos Kepercayaan