5 Nama Makanan Indonesia yang Sering Salah Sebut

5 Nama Makanan Indonesia yang Sering Salah Sebut Ilustrasi Makanan. Sumber: freepik

Beberapa makanan dalam artikel ini mungkin sebagian besar tidak asing di telinga atau bahkan sering disebut sama orang - orang. Mungkin menurut sebagian orang pengucapan makanan itu udah bener, tapi ternyata menurut KBBI bisa aja salah, lho!

Kali ini Numbuh bakal ngasih tau nama - nama makanan dalam bahasa Indonesia yang penulisannya dan pengucapannya sering keliru. Yuk disimak!

1. Bakso 

Makanan satu ini pasti sering dimakan sama banyak orang. Tapi tau gak sih kalau penulisan dan pengucapan yang bener adalah 'Bakso' bukan 'baso'. Menurut KBBI, Bakso adalah makanan terbuat dari daging, udang, ikan yang dicincang dan dilumatkan bersama tepung kanji dan putih telur, biasanya dibentuk bulat-bulat.

2. Mi bukan Mie

Kalo kata KBBI ternyata penulisan yang benar adalah Mi bukan Mie tanpa huruf 'e'. Tapi, sadar atau tidak, kalo dalam pengucapan orang Indonesia sering bilang 'Mi' tanpa 'e' lho dibanding 'Mie'.

3. Combro atau Comro?

Makanan khas Tanah Pasundan, Jawa Barat ini ternyata sering salah dalam penulisan atau juga pengucapan. Ternyata menurut KBBI yang benar adalah 'Comro' bukan 'Combro'. Comro sendiri adalah singkatan dari bahasa sunda yaitu oncom di jero atau dalam bahasa artinya oncom didalam.


4. Sate

Makanan yang sering dibeli buat makan malam ini ternyata banyak orang yang salah sebut atau tulis. Sate rupanya bukan kata baku sesuai KBBI, lho!

Kata baku sate adalah 'Satai' menurut KBBI, mau dicuap atau ditulis yang benar adalah satai bukan sate.

5. Taoge

Sayuran satu ini kerap disebut 'Tauge' atau 'Toge', tapi sebenarnya itu salah. Dalam KBBI, penulisan dan pengucapan yang benar adalah 'Taoge'.

Gimana, udah gak penasaran kan sama beberapa nama makanan yang sering salah sebut atau tulis sama orang - orang Indonesia? Tapi kayaknya masih banyak nih makanan Indonesia yang sering salah disebut atau diucap. Kira - kira makanan apa lagi ya yang bakal kita bahas? Coba komentar dibawah, ya!

makanan bakso kbbi sate