5 Poin numbuh-in Pertanian Ala Mentan SYL

5 Poin numbuh-in Pertanian Ala Mentan SYL Mentan SYL menjadi pembicara di kuliah umum ke mahasiswa Politeknik Pembangunan Pertanian. SUmber Fo

Jakarta - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo baru-baru ini kasih kuliah umum ke mahasiswa Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan), Selasa (16/2). Dalam kesempatan itu juga, Mentan SYL nyampaikan 5 poin penting yang dibutuhin dalam membangun pertanian Indonesia.

"Yang kita butuhkan dalam membangun pertanian adalah konsepsi/program, lahan, orang, teknologi/mekanisasi dan korporasi/kerjasama," ucap Mentan SYL.

Pertama program, adalah sebuah langkah penting dalam kinerja Kementan. Dalam masa jabatannya, Mentan SYL sudah bikin beberapa program penting yang sukses dijalani, misalnya Gratieks. Gratieks adalah program Gerakan Tiga Kali Ekspor yang jadi andalan Kementan saat ini.

Kedua ada lahan, udah pasti yang namanya pertanian akan berhubungan dengan lahan. Kementan beberapa tahun ini udah fokus memperluas lahan pertanian terutama lahan yang cocok dengan 12 komoditas utama pertanian.

Ada lagi Food Estate yang menjadi tumpuan ketahanan pangan nasional, dengan lahan yang cukup luas, di Pulang Pisau aja lahannya sampai 10 ribu hektar.

Orang atau sumber daya manusia jadi elemen penting, karena seiring berjalannya waktu masa pertanian, akan berubah dan harus ada regenerasi dari tiap orangnya. Kebanyakan petani Indonesia adalah kaum Boomer yang rata-rata diatas 45 tahun.

Maka dari itu, Kementan lagi gencar-gencarnya sosialisasi petani milenial agar ada penerus pertanian di negeri ini.

Teknologi adalah tunjangan para pertanian di masa yang akan datang. Di tahun ini aja, udah ada beberapa inovasi teknologi dari Kementan buat membantu petani dalam peningkatan kualitas hasil panen.

Contoh saja Internet of Things, ini berfungsi untuk memonitoring keadaan persawahan yang bisa di akses petani hanya lewat Smartphone mereka.

Korporasi atau kerja sama juga bagian penting nih, dari kemajuan pertanian Indonesia. Manfaat korporasi petani yaitu meningkatkan kapasitas kelembagaan petani, meningkatkan nilai tambah produk yang dihasilkan, memotong distribusi produk pertanian, dan meningkatkan kesejahteraan petani. (jod)

pertanian kementan mentan petani