5 Tips Biar Badan Lebih Fit Saat Bulan Puasa

5 Tips Biar Badan Lebih Fit Saat Bulan Puasa Ilustrasi berpuasa. Sumber: Freepik

Jakarta - Hari ini umat muslim mulai menjalani ibadah puasa di bulan Ramadhan. Walau masih pandemi, kesiapan fisik dan batin buat ngejalanin puasa harus tetap dijaga.

Selain jadwal makan yang bergeser, waktu tidur juga pasti berubah ketika bulan puasa. Maka dari itu, sewaktu berpuasa ada baiknya menyiapkan diri biar aktivitas kamu nanti gak terganggu. Mulai dari badan lemas, ngantuk yang bisa ngeganggu produktivitas menurun.

Nah, biar puasanya lancar, coba yuk simak tips puasa ala numbuh berikut ini.

1. Konsumsi Makanan Sehat dan Bergizi

Biar puasa kamu tetap bugar dan produktif, coba deh buat milih makanan yang bergizi dan sehat. Kasih asupan sayur dan buah di setiap makan waktu berbuka puasa. Oh iya, perlu di ingat kalo makan jangan terlalu berlebihan juga, takutnya malah bikin lemas dan ngantuk.

2. Minum Lebih Banyak Air Putih

Asupan air putih yang cukup, tentu aja bakal menjaga tubuh kita tetap fit saat menjalankan puasa. Soalnya, kalau tubuh kamu dehidrasi bisa ngebuat badan lemas, lho.

3. Atur Pola Tidur dengan Baik

Selama puasa, pastinya pola tidur berubah dari biasanya. Makannya, perhatikan pola tidur kamu biar gak terganggu sama waktu sahur. Jangan sampai kamu kekurangan waktu tidur dan jadi mempengaruhi aktivitas.

Hindari begadang, ya!

4. Tetap Sibuk Selama Puasa

Selama berpuasa, coba deh kamu untuk sibuk dan produktif agar tidak selalu mengingat waktu berbuka puasa. Selama puasa ini ada baiknya kita semakin memperbanyak ibadah biar puasanya semakin lancar dan juga tetap produktif.

Selain beribadah, bisa juga coba beberapa kegiatan baru biar hari kamu saat berpuasa semakin gak terasa. Mungkin kayak bercocok tanam, membaca buku, atau apapun.

5. Hindari Minuman Perasa Buatan

Selama puasa, coba deh buat hindarin yang namanya minuman manis atau perasa buatan. Contohnya kayak soda, minuman berenergi, atau lainnya, yang mengandung kadar gula tinggi.

Soalnya, pemanis buatan bisa bikin cepat lapar dan memicu kamu buat makan secara berlebihan ketika waktunya berbuka nanti.

Nah, itulah beberapa tips buat menjalani puasa kamu biar lancar sampai akhir. Semoga bermanfaat, ya! (jod)

kesehatan tips ramadhan Puasa