5 Tips Cegah Asam Lambung Naik Saat Bulan Puasa

5 Tips Cegah Asam Lambung Naik Saat Bulan Puasa Ilustrasi Sakit Asam Lambung. Sumber: Freepik

Jakarta - Bulan puasa atau Ramadhan tentu aja mengubah pola makan sehari - hari. Yang biasanya makan tiga kali sehari, saat puasa pola makan hanya dua kali, yaitu saat sahur dan buka puasa. Perubahan pola makan inilah yang biasanya berdampak jadi masalah pencernaan, salah satunya adalah asam lambung naik.

Asam lambung atau refluks asam adalah kondisi isi atau cairan dalam perut kembali naik ke kerongkongan. Naiknya asam lambung biasanya ditandai dengan hearthburn atau beberapa orang sering menyebutnya nyeri ulu hati. Gejalanya berupa mual atau muntah, sesak napas dan sakit tenggorokan.

Kondisi asam lambung naik ketika puasa pastinya ngebuat kamu enggak nyaman. Buat cegah hal tersebut, Numbuh bakal bagiin tipsnya berikut ini!

Batasi Konsumsi Lemak

Makanan dengan lemak tinggi bisa membuat asam lambung naik. Dilansir IDNTimes, kandungan lemak tinggi dalam makanan bisa ngebuat nyeri ulu hati, karena lemak bisa mengendurkan otot diantara kerongkongan dan perut.

Batasi Konsumsi Makanan Asam

Makanan dengan kadar keasaman tinggi juga ternyata bisa bikin asam lambung kamu naik, lho. Contohnya kayak jeruk, anggur, lemon, dan lainnya.

Selain itu, kopi dan cokelat juga ternyata mengandung asam. Makannya, kalo berbuka puasa disaranin jangan buka sama kopi apalagi cokelat. Nanti asam lambung kamu naik, lho.

Tidur dengan Posisi Kepala Lebih Tinggi

Tidur dengan posisi tersebut bisa mencegah asam lambung naik. Ngutip IDNTimes, idealnya posisi kepala saat tidur harus 6-8 inci lebih tinggi dari kaki.

Cara tidur seperti ini benar-benar bisa memperbaiki gejala pada pasien GERD juga, lho.

Mulai malam ini, coba deh tidur dengan kepala lebih tinggi.

Jangan Tidur Setelah Sahur

Kebiasaan seperti ini pasti sering kamu lakuin, benar? apalagi buat kamu yang paginya harus pergi ke kantor, kebiasaan tidur setelah sahur emang dibutuhin. Tapi ternyata hal ini bisa ngebuat asam lambung kamu naik, nih.

Laporan sebuah jurnal mengutip dari IDNTimes melaporkan bahwa jarak antara waktu makan malam dan waktu tidur yang dekat dapat meningkatkan resiko penyakit asam lambung.

Hindari Makanan Pedas

Makanan pedas umumnya mengandung kapsaisin, itu adalah senyawa yang bisa memperlambat laju pencernaan. Hal ini yang bisa ngebuat makanan diam lama di perut, yang mana ini adalah faktor nyeri ulu hati.

Maka dari itu, sebaiknya di bulan puasa ini kamu hindarin makanan pedas, takutnya nanti malah ngebuat asam lambung kamu naik.

Nah itulah beberapa tips buat mencegah asam lambung naik disaat bulan puasa, semoga bermanfaat, ya! (jod)

makanan ramadhan Puasa AsamLambung