5G Telkomsel Diluncurkan Hari Ini, Baru Bisa untuk 6 Wilayah

5G Telkomsel Diluncurkan Hari Ini, Baru Bisa untuk 6 Wilayah Ilustrasi jaringan 5G Telkomsel. Foto: Instagram @telkomsel.
Jakarta - Jaringan 5G pertama diluncurkan hari ini, Kamis (27/5) di Indonesia. Telkomsel akan melakukan uji laik operasi (ULO) untuk menyediakan layanan jaringan seluler generasi terbaru ini. 

Sebelumnya, Telkomsel dan Smartfren telah memenangkan frekuensi tambahan di 2,3 GHz. Telkomsel diketahui mendapatkan alokasi Blok A dan C usai menjadi salah satu pemenang lelang Frekuensi Radio 2,3 GHz. 

Sebagian jaringan ini menurut Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro, akan digunakan untuk menggelar jaringan 5G, jika memungkinkan. Sementara sisanya, digunakan untuk mengoptimalkan jaringan 4G.

Sementara itu, Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate bilang ada enam lokasi perdana di Indonesia yang bisa menikmati layanan5G. Enam wilayah yang dimaksud Johnny Beberapa di antaranya ada di Jakarta.  

"Lokasi di Jakarta antara lain perumahan Kelapa Gading, Pondok Indah, Pantai Indah Kapuk, Widya Chandra," ucap Johnny dikutip dari CNNIndonesia.com, Kamis (27/5).

Sementara wilayah di luar DKI Jakarta yang disebut bakal mendapat layanan 5G, yakni di Provinsi Banten antara lain Bumi Serpong Damai (BSD) dan Alam Sutera. (rfq)
teknologi 5g telkomsel kominfo