6 Tips Liburan Ala Backpacker untuk Pemula

6 Tips Liburan Ala Backpacker untuk Pemula Ilustrasi traveling ala backpacker

Liburan buat sebagian orang sangat penting, apalagi yang sudah bosan dan penat menghadapi kegiatan di kantor setiap harinya. Liburan ke destinasi wisata udah jadi tujuan utama, contoh aja kayak Bali dan Lombok.

Buat hampir sebagian orang, kedua tempat itu udah jadi destinasi wisata wajib buat dikunjungi. Sebab, Bali dan Lombok punya keindahan dan beragamnya destinasi wisata.

Tapi masih banyak yang menganggap liburan atau traveling bakal butuh uang yang banyak alias mahal. Ternyata gak juga kok! Kalian yang mau liburan murah atau hemat uang, bisa juga coba liburan ala-ala backpacker.

Nah kali ini, numbuh akan bagiin tips traveling murah ala backpacker, nih. Yuk, simak ulasannya!

1. Buat Itinerary Liburan yang Matang

6 Tips Liburan Ala Backpacker untuk Pemula

Daftar rencana liburan atau itinerary, karena hal ini cukup penting yang harus disiapin sebelum liburan. Apalagi bagi wisatawan pemula. Karena itinerary bisa jadi panduan selama kamu liburan nanti.

2. Siapkan Budget Secukupnya

6 Tips Liburan Ala Backpacker untuk Pemula

Kalau memang ingin liburan ala backpacker, udah seharusnya pikirin keuangan yang akan digunakan buat liburan. Alokasi keuangan dengan mengontrol untuk setiap itinerary yang udah kamu buat.

Oh ya, jangan lupa sedia uang tunai biar gak ribet. Karena gak semua daerah wisata punya mesin ATM, lho.

3. Bawa Barang Secukupnya aja

6 Tips Liburan Ala Backpacker untuk Pemula

Liburan ala backpacker akan lebih mudah kalo kamu bawa barang seperlunya aja. Setidaknya, kamu bawa ransel (lebih bagus tas gunung) berukuran sedang atau besar, dan tas selempang kecil buat nyimpen barang-barang penting.

4. Pilih Transportasi Umum atau Jalan Kaki

6 Tips Liburan Ala Backpacker untuk Pemula

Biar liburan ala backpacker lebih asik dan menantang, sekaligus lebih hemat, sebaiknya kamu pilih moda transportasi umum. Cari tahu atau riset dulu opsi transportasi umum yang bisa digunain biar lebih mudah ke destinasi tujuan.

Kalo destinasi tujuan gak terlalu jauh dari hotel, kamu bisa cobain jalan kaki. Selain sehat, kamu juga akan lebih menghemat keuangan liburan, nih.

5. Pilih Destinasi Wisata yang Backpacker Friendly

6 Tips Liburan Ala Backpacker untuk Pemula

Memilih destinasi wisata yang ramah backpacker, akan ngebuat kamu lebih tenang dan aman saat eksplor tempat-tempat unik di sekitar tempat wisata.

Beberapa destinasi wisata mungkin aja jadi tempat yang rawan kejahatan seperti copet atau rampok. Tentu aja, hal itu bisa ngebuat kamu was-was dan takut buat liburan di destinasi wisata tersebut.

Nah, coba deh, kamu pastiin tempat wisata yang kamu tuju cocok buat para backpacker.

6. Bersosialisasi dengan Masyarakat Sekitar

6 Tips Liburan Ala Backpacker untuk Pemula

Hal ini juga penting, karena masyarakat sekitar bisa memberikan informasi yang jelas tentang tempat wisata atau daerah sekitar. Makanya, kamu sebagai wisatawan harus ramah, murah senyum kepada masyarakat disana.

Jangan kaget kalau obrolan yang singkat atau basai-basi itu, akhirnya bisa dapat informasi atau mungkin bantuan dari masyarakat sekitar.

Nah, itulah beberapa tips liburan ala backpacker pemula, agar kamu bisa menikmati liburan tapi tetap hemat. Semooga bermanfaat ya! (jod)

liburan backpacker staycation