7 Destinasi Wisata Favorit di Yogyakarta

7 Destinasi Wisata Favorit di Yogyakarta Sejumlah destinasi wisata di Yogyakarta.

Ketika dengar kota Yogyarkarta, tentu masyarakat umum taunya di sana ada Candi Borobudur, Candi Prambanan, Keraton, dan Alun-alun. Padahal, Yogyakarta sekarang, udah jauh lebih maju dan berkembang.

Bahkan, ada sejumlah objek wisata yang baru berdiri beberapa tahun belakangan, tapi kini udah banyak digemari para wisatawan. Baik wisatawan lokal, maupun mancanegara. Apalagi, beberapa spot lokasi di sana sangat Instagramable.

Nah, berikut ini, numbuh akan kasih 7 destinasi wisata baru yang jadi favorit para milenial. Simak ulasan singkatnya, ya!

1. Kaliadem

7 Destinasi Wisata Favorit di Yogyakarta

Gunung Merapi jadi salah satu lokasi ikonik yang ada di Yogyakarta. Gak perlu harus datang sampai ke kaki Gunung Merapi, tapi cukup datang ke Bunker Kaliadem, kamu udah bisa dapetin spot foto yang sangat Instagramable.

Kamu tinggal siapin kamera, teman untuk bisa fotoin, dan pose dengan latar belakang Gunung Merapi yang menjulang gagah.

Oh iya, selain foto-foto, kamu juga bisa belajar tentang sejarah letusan Gunung Merapi, dan menemukan innerpeace, lho. Sebab, di sana hawanya sejuk, sepi, dan cocok banget buat melepas penat.

Gimana, tertarik buat foto-foto dengan latar belakang Gunung Merapi, tanpa edit-edit background pake photoshop?

2. Bukit Kali Kuning

7 Destinasi Wisata Favorit di Yogyakarta

Gak cuma di Bunker Kaliadem aja nih, kamu bisa dapat menikmati keindahan Gunung Merapi. Tapi, kamu juga bisa singgah ke Bukit Kali Kuning.

Tempat ini emang sempat rame sebelum Gunung Merapi meletus sekitar tahun 2010. Tapi, Bukit Kali Kuning baru rame lagi dengan wisatawan setelah 7 tahun lamanya, atau sekitar tahun 2017. Kebanyakan dari wisatawan yang datang ke sana untuk mencari spot foto yang Instagramable

Gak cuma itu, buat kamu kaum introvert yang gak terlalu suka foto-foto, bisa juga sekedar duduk sembari menyeruput kopi atau teh hangat, dan menikmati keindahan Gunung Merapi serta hutan di sekitarnya.

3. Wisata Kalibiru

7 Destinasi Wisata Favorit di Yogyakarta

Melipir sedikit ke bagian barat Yogyakarta, kamu bisa menemukan lokasi wisata yang gak kalah bagusnya. Yups, Wisata Kalibiru, yang letaknya berada di Kulon Progo, Yogyakarta.

Buat yang gak trauma dengan ketinggian, lokasi ini cocok banget buat foto-foto dari atas panggung dan pohon berlatar belakang jurang. Eits, tapi kamu gak usah takut, karena setiap pengunjung yang ingin foto di sana, udah dikasih alat pengaman kok. Jadi tetap aman dan tenang ketika kalian mau berpose di atas sana.

4. Air Terjun Kedung Pedut

7 Destinasi Wisata Favorit di Yogyakarta

Nah, buat kamu yang pengen dapetin suasana yang tenang dan pengen basah-basahan, bisa banget nih melipir ke Air Terjun Kedung Pedut. Berlokasi di daerah Kulon Progo, Yogyakarta, wisatawan yang datang ke sana, akan disambut warga lokal yang begitu ramah.

Fasilitas di Air Terjun Kedung Pedut pun juga cukup lengkap. Mulai dari toilet umum, tempat ibadah, hingga gazebo untuk kamu yang ingin istirahat sejenak, usai main air. Gak cuma itu, kalian juga bisa mencicipi hasil panen masyarakat lokal di sana, salah satunya durian.

So, buat #temanumbuh yang pengen main air, terus bisa icip-icip duren lokal, langsung aja mampir ke Air Terjun Kedung Pedut, ya!

5. Goa Jomblang

7 Destinasi Wisata Favorit di Yogyakarta

Kali ini, numbuh beralih ke daerah di Gunung Kidul. Di daerah ini, kamu bisa melipir ke Goa Jomblang, yang letaknya berada di Pacarejo, Semanu. Objek wisata yang satu ini, bahkan udah jadi salah satu wisata kelas dunia, lho!

Banyak wisatawan gak cuma lokal, tapi mancanegara yang sengaja jauh-jauh datang, buat mampir ke sini. Katanya sih, pengen banget liat salah spot yang disebut Cahaya Surga. Sebab, spot ini dikenal sangat indah dan cuma bisa kamu dapetin di mulut goa.

Eh iya, untuk bisa masuk menyusuri goa ini, kalian harus rogoh kocek yang cukup dalam, nih. Karena tiket masuk yang dijual sekitar Rp 450 ribu sekali masuk. Ya, meski lebih mahal dibandingkan wisata lain yang ada di Yogyakarta, tapi kamu dijamin gak akan nyesel deh.

6. Tebing Breksi

7 Destinasi Wisata Favorit di Yogyakarta

Nah, wisata lain yang punya spot foto Instagramable yaitu di Tebing Breksi. Lokasi yang berada di bekas tambang ini, berubah jadi destinasi aestetik yang gak pernah sepi dari pengunjung.

Ketika mampir ke sana, kamu bisa nikmatin pemandangan kota Yogyakarta, Candi Prambanan, sampai Gunung Merapi. Lokasinya juga mudah dicapai dan gak jauh dari Kota Yogyakarta, yakni di kawasan Sambirejo, Prambanan.

Oh iya, jangan lupa bawa payung kalo berkunjung ke sana ya. Selain hindarin basah ketika cuaca hujan, tapi juga bisa melindungi kamu dari panas, kalo mataharinya lagi terik sekali.

7. Gumuk Pasir

7 Destinasi Wisata Favorit di Yogyakarta

Kemudian beralih ke pantai selatan Jogja. Di sini, kamu bisa bebas berfoto ala-ala padang pasir di Dubai. Kalo kamu pecinta olahraga antimainstream, padang pasir berwarna hitam ini juga cocok untuk bermain sandboarding, lho.

Gimana, #temenumbuh jadi mau liburan ke spot di mana nih yang ada di Yogyakarta? (rfq)

wisata traveling yogyakarta tamasya