Anggota DPR Punya Pelat Mobil Khusus?

Anggota DPR Punya Pelat Mobil Khusus? Salah satu kendaraan dengan pelat mobil khusus anggota DPR. Foto: Instagram @plat_dinas_offcial.
Jakarta - Seluruh anggota DPR di Senayan kini punya pelat mobil khusus. Pelat nomor itu udah berlaku sejak akhir tahun 2020. Wakil Ketua Komisi III DPR dari Fraksi NasDem Ahmad Sahroni membenarkan.

"Benar (Anggota DPR kini memiliki pelat mobil khusus)," ucap Sahroni dikutip dari kumparan, Jumat (21/5).

Dijelaskan Sahroni, pelat kendaraan khusus itu udah disosialisasikan oleh Polri ke para Kapolda dan seluruh jajaran Polri di lapangan.

"Ini sudah disosialisasikan. Sudah disetujui dan disebarkan kepada pihak berwajib di lapangan," kata Sahroni. 

Soal pelat mobil khusus itu, juga udah dimuat dalam telegram Kapolri kepada para Kapolda soal sosialisasi nomor pelat kendaraan khusus bagi anggota DPR. Telegram ini tertanggal 15 Maret 2021.

Sementara kata Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad, pelat nomor khusus ini, untuk memudahkan pengenalan kendaraan anggota dewan.

"Agar mudah dipantau di DPR sendiri, gampang dikenali mana anggota mana bukan. Di jalan raya bisa dipantau apabila kemudian ada mobil yang melakukan pelanggaran," ujar Sufmi Dasco. 

Dasco bilang, kalo pelat khusus ini inisiasi dari Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD). "Pelat nomer itu adalah produk dari Mahkamah Kehormatan Dewan," tandasnya. (rfq)


dpr mobil news pelat mobil