Bahaya Efek Samping Kafein Bagi Kesehatan

Bahaya Efek Samping Kafein Bagi Kesehatan Ilustrasi Sakit Perut Akibat Kafein. Sumber: Freepik

Kafein merupakan senyawa stimulan yang biasa ditemui di beberapa makanan dan minuman, seperti kopi, teh, minuman berenergi, dan cokelat.

Kafein emang memiliki manfaat, seperti meningkatkan energi, mencegah kantuk. Tapi ternyata, mengonsumsi kafein berlebih bisa memicu berbagai efek samping yang sangat menganggu. Berikut penjelasannya.

1. Menyebabkan Kegelisahan

Kafein dikenal bisa meningkatkan kewaspadaan dan bekerja dengan menghalangi efek adenosin, zat kimia otak yang ngebuat badan terasa lelah. Tapi, mengonsumsi kafein berlebih bisa memicu rasa gelisah dan gugup.

2. Masalah Pencernaan

Banyak orang yang akan langsung merasa ingin buang air besar begitu minum secangkir kopi. Mengutip IDN TImes, bahwa Efek ini dimungkinkan akibat adanya pelepasan gastrin, hormon yang diproduksi perut yang mempercepat aktivitas di usus besar.

Selain itu, penelitian dari jurnal Diseases of the Esophagus yang mengutip IDN Times mengatakan bahwa minuman berkafein dapat memperburuk penyakit GERD terutama setelah mengonsumsi kopi.

3. Tekanan Darah Tinggi

Ternyata kafein juga bisa memicu naiknya tekanan darah akibat dari stimulasi pada sistem saraf. Tapi tekanan darah akibat efek kafein ini tidak mampu memicu resiko penyakit jantung atau stroke.

Jadi, perhatikan dosis kafein dan waktu mengonsumsinya. Jangan sampai kamu yang punya darah tinggi dapat kambuh akibat kafein.

4. Sakit Kepala

Pada beberapa orang yang mengonsumsi kafein terlalu banyak, biasanya akan memiliki efek samping pada pencernaan atau GERD, efek dari GERD itu sendiri bisa membuat sakit kepala yang cukup lama.

Sebaiknya kamu yang tidak terbiasa mengonsumsi kafein agar memperhatikan asupan kafein, jangan terlalu banyak. Bila sudah kena efek samping, sebaiknya minum air putih yang banyak dan rehat sejenak.

5. Peningkatan Frekuensi Buang Air Kecil 

Kafein memiliki efek diuretik dan dapat menstimulasi kandung kemih. Karenanya, asupan kafein yang tinggi dapat memicu peningkatan buang air kecil.

Jadi, jika kamu minum banyak minuman berkafein dan merasa lebih sering buang air kecil, mungkin ada baiknya untuk mengurangi asupan kafein.

Tidak apa - apa jika kamu memang suka meminum minuman berkafein, seperti kopi atau teh. Namun, mengingat kafein juga berpotensi memberikan efek samping bagi kesehatan, sebaiknya batasi asupan minuman berkafein untuk menghindari semua efek samping tersebut.

Kafein SakitPerut GERD Kopi Teh