Belva Devara, Numbuh dari Keluarga Sederhana, CEO Ruangguru, hingga Eks Staf Khusus Presiden

Belva Devara, Numbuh dari Keluarga Sederhana, CEO Ruangguru, hingga Eks Staf Khusus Presiden CEO Ruangguru, Belva Devara. Foto: Instagram @belvadevara.
Jakarta - Kesuksesan diraih dari sebuah perjuangan. Nah, penggalan kalimat itu yang kini sedang diraih sosok pemuda berprestasi yakni, Belva Devara.

Dikenal sebagai Co-Founder dan CEO dari aplikasi Ruangguru, Belva jadi salah satu sosok inspiratif bagi generasi milenial. Gak cuma itu, dia juga pernah jadi staf khusus Presiden Jokowi, lho.

Nah, berikut ini, numbuh akan ulas perjalanan singkat Belva Devara dari yang numbuh di keluarga sederhana hingga kini jadi CEO. 

1. Punya nama lengkap Adamas Belva Syah Devara

Pemilik nama lengkap Adamas Belva Syah Devara ini lahir di Jakarta, 30 Mei 1990. Dia lahir dari orang tua bernama Tri Harsono dan Murni Hercahyani. 

Sehari-harinya, kedua orang tua Belva menyambung hidup dengan bekerja sebagai pegawai negeri sipil.

2. Belva pernah mengenyam pendidikan di SMP Al Azhar dan SMA Presiden
Sejak kecil, Belva emang udah dikenal sebagai anak rajin dan rajin belajar. Makanya, dia sering banget dapat prestasi di sekolah. Baik saat sekolah SD, SMP di Al Azhar, hingga SMA Presiden di Bekasi.

Selama SMA, dia selalu dapat peringkat satu dan juara berbagai kompetisi olimpiade ilmiah, pidato, dan debat berbahasa Inggris. Nah, dari situ, dia dapat beasiswa penuh dan gak perlu mengeluarkan uang sepeserpun untuk biaya pendidikan selama SMA.

Gak cuma soal prestasi akademik, Belva juga udah pernah jadi ketua OSIS juga, lho. Jadi meski sibuk organisasi, dia juga tetap konsisten soal sekolah, lho.

3. Belva tinggal di kamar yang sederhana selama sekitar 30 tahun

Meski kini dikenal sebagai salah satu milenial yang sukses, rupanya Belva selama ini hidup di kamar tidur yang kecil dan sederhana. Dia bahkan sempat membagikan potret kamar pribadi yang selama ini, punya banyak cerita dan sejarah dalam hidupnya.

"Di kamar ini tempat istirahat saya dulu dari pertama memulai karier bekerja, sampai mendirikan @ruangguru. Memimpin karyawan yang tadinya hanya 1 sampai akhirnya jadi 60, sampai sekarang sudah mencapai 4000 orang di 4 negara," tulis Belva  Devara di akun Instagram miliknya.

4. Rumah Belva juga pernah kebanjiran saat tahun 2020 lalu

Bencana banjir yang kerap melanda warga ketika hujan turun deras, juga pernah dialami Belva dan keluarga, lho. Tapi, kondisi banjir kayak gitu, gak bikin Belva dan keluarga jadi terbatas ruang geraknya.

Pada salah satu unggahan di akun Instagram miliknya, Belva dan ibunya terlihat tenang, ketika harus menerobos air dan mengungsi lantaran rumahnya terendam banjir.

5. Belva lulusan 3 universitas bergengsi di Amerika Serikat

Kecerdasan dan kepintaran Belva dalam dunia pendidikan gak usah diragukan lagi deh. Bagaimana gak, dia keterima kuliah master di 3 universitas bergengsi di Amerika Serikat, lho.

Di tahun 2007, Belva terpilih jadi salah satu dari delapan siswa Indonesia yang dapat beasiswa penuh dari pemerintah Singapura, untuk lanjutin pendidikan di Nanyang Technological University, salah satu institut terbaik di Asia.

Ketika lulus dari NTU, Belva gak cuma dapat gelar sarjana aja, lho.  Dia juga menggondol tiga penghargaan bergengsi, yaitu Lee Kuan Yew Gold Medal (penghargaan tertinggi bagi mahasiswa di universitas), Infocomm Development Authority of Singapore Gold Medal (penghargaan bagi peraih nilai akademis tertinggi di prodi Computer Science), dan Accenture Gold Medal (penghargaan bagi peraih nilai akademis tertinggi di prodi Business).

Setelah itu, Belva lanjutin sekolah masternya di Stanford University, jurusan Master of Business Administration. Dia berhasil nyelesain pendidikannya di Stanford selama setahun dan lanjut kuliah di Harvard University jurusan Kebijakan Publik.

Terus, Belva juga pernah ngerasain belajar perencanaan tata kota di Massachusetts Institute of Technology (MIT).

6. Belva bangun Ruangguru bareng Iman Usman dan Jadi CEO

Memasuki tahun 2014, Belva bersama sahabatnya Iman Usman, mendirikan perusahaan startup yang bergerak di bidang pendidikan (edutech) yakni Ruangguru.com. 

Usai menyelesaikan semua studinya di Amerika Serikat, pada 2016, dia memutuskan untuk kembali ke Tanah Air demi fokus membesarkan Ruangguru yang sebelumnya telah dikelola oleh Iman Usman. 

Kepulangannya ini juga sekaligus ambil alih pimpinan Ruangguru. Di bawah komandonya, Ruangguru dengan segera berkembang pesat lima kali lipat. Bahkan saat ini, Ruangguru banyak mendapatkan berbagai penghargaan, baik ditingkat nasional hingga internasional.

7. Belva pernah ditunjuk jadi staf khusus presiden Jokowi

Memasuki tahun 2019, Belva Devara ditunjuk jadi staf khusus presiden Jokowi dari kalangan milenial, di bidang inovasi.

Baru sekitar 6 bulan menjabat, Belva memutuskan untuk mundur jadi staf khusus presiden lantaran tak ingin terjadi konflik kepentingan seperti yang ditudukan kepadanya. 

Apalagi, Belva merupakan pendiri Ruangguru, yang mana masuk sebagai salah satu fasilitas pelatihan di Skill Academy Kartu Prakerja. (rfq)
milenial belva devara ruangguru inspiratif