Demi Kurangi Banjir, Ridwan Kamil Ajak Warga Jawa Barat Tanam 50 Juta Pohon

Demi Kurangi Banjir, Ridwan Kamil Ajak Warga Jawa Barat Tanam 50 Juta Pohon Istri Ridwan Kamil Atalia Praratya saat tanam pohon bakau. Foto: Instagram @ridwankamil.

Jakarta - Banjir masih jadi permasalahan di sejumlah daerah ketika hujan lebat turun, lho. Wilayah di sekitar Jawa Barat misalnya, kerap diterpa banjir ketika intensitas hujan tinggi dan aliran sungai yang meluap.

Demi kurangi masalah banjir, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pun mengajak masyarakat, khususnya warga Jawa Barat, untuk menanam pohon bakau.

"TANAMI BAKAU UNTUK KURANGI BANJIR, Kepada semua yang mencintai Lingkungan, Ayo gabung dalam gerakan menanam 50 juta pohon di Jawa Barat," tulis Ridwan Kamil dalam keterangan foto yang diunggah ke akun Instagram miliknya, Rabu (25/2).

Gak cuma itu, gubernur yang kerap disapa Kang Emil ini juga bilang, kalo menanam pohon juga bisa dilakukan di bukit, desa, kota, hingga pantai.

"Salah satunya seperti yang dilakukan Kwarda Pramuka pimpinan Kak @ataliapr di pantai Cirebon, yang menanam pohon bakau atau mangrove untuk mengurangi banjir air laut (rob) dan mengurangi abrasi batas pantai," katanya.

Sebelum menutup keterangan foto di akun Instagram miliknya, Kang Emil juga berpesan untuk generasi muda agar gak cuma sibuk berkomentar.

"Mari jangan hanya sibuk komen-komen aja. Mari jadi generasi yang turun tangan bukan generasi tunjuk atau lepas tangan. Hatur Nuhun," imbuhnya. (rfq)

ridwan kamil jawa barat banjir pohon bakau