Diguyur Hujan, Jokowi Tinjau Food Estate di Sumba, NTT

Diguyur Hujan, Jokowi Tinjau Food Estate di Sumba, NTT Presiden meninjau lokasi food estate di Sumba Tengah, NTT. Sumber Foto: Instagram @jokowi

Sumba Tengah - Presiden Joko Widodo datang ke Sumba Tengah, NTT buat ninjau langsung lokasi food estate atau lumbung pangan hari selasa kemarin (23/2).

Di kunjungannya itu, Presiden menyampaikan kalau pembangunan food estate di NTT ini dilakukan karena faktor tingkat kemiskinan yang tinggi dan masa panen yang relatif lambat.

"Kenapa dikerjakan di NTT, khususnya di Kabupaten Sumba Tengah, karena memang kita harus ngomong apa adanya, pak bupati, pak gubernur, data yang saya miliki 34 persen kemiskinan ada di sini dan panen yang ada di Sumba Tengah masih setahun baru sekali yaitu padi," kata Jokowi.

Ngutip Detik, Pemerintah udah nyiapin 5000 hektare pertama untuk di kawasan Sumba Tengah. Tapi kedepannya kata Presiden bakalan diperluas lagi lahannya jadi 10 ribu hektare yang bakal dibagi buat tanam padi dan jagung.

Jokowi berkeinginan kalau panen padi, jagung sama kedelai di Sumba Tengah dalam setahun harus bisa lebih dari sekali. Beliau juga menyoroti soal aliran air yang selama ini jadi kendala di Sumba Tengah.

"Saya tadi sudah perintahkan menteri PU untuk melihat kemungkinan dibangun waduk atau bendungan kemudian tambahan untuk embung dan juga sumur bor diikuti nanti kementerian pertanian untuk membantu alsintan, traktor terutama di sini sangat dibutuhkan sekali," sambung Jokowi.

Presiden Jokowi memang lagi gencar mendorong program food estate untuk membangun ketahanan pangan nasional. Selain di Kalimantan Tengah dan Sumatera Utara, food estate itu juga digelar di Kabupaten Sumba Tengah, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Kunjungan Jokowi di lokasi food estate yang berlokasi di Bukit Ngora Lenang, Desa Makata Keri, Kecamatan Katiku Tana, disambut hujan lebat. Tapi hal itu tak menyurutkan Jokowi untuk melanjutkan kegiatan. Bahkan dia menembus lebatnya hujan, berjalan ke tengah sawah seorang diri.

Dari video yang beredar di Youtube, terlihat sejumlah anggota Paspampres mengiringi Jokowi di belakang, namun Jokowi memperingatkan untuk dibiarkan berjalan sendiri. (jod)

food estate presiden jokowi sumba NTT