Ditunjuk Garap Remake Train to Busan, Berikut 10 Perjalanan Karier Timo Tjahjanto

Ditunjuk Garap Remake Train to Busan, Berikut 10 Perjalanan Karier Timo Tjahjanto Sutradara Timo Tjahjanto alias Timo Bros. Foto: Instagram @timobros.

Nama Indonesia di dunia perfilman mancanegara mulai dilirik. Selain beberapa aktor Tanah Air yang ikut terlibat dalam proyek film Hollywood, kali ini sutradara Timo Tjahjanto.

Timo didapuk untuk garap remake film Train to Busan. Nantinya, Timo akan kerja sama dengan produser James Wan, dan perusahaan film besar, New Line Cinema.

Berikut, 10 kilas balik perjalanan suami aktris Sigi Wimala itu, hingga bisa diajak garap Remake Train to Busan.

1. Sutradara bernama lengkap Timothy Tjahjanto ini, lahir di Wilhelmshaven, Jerman, pada 4 September 1980. Dia mengenyam pendidikan visual art di Australia.

2. Di Australia, Timo bertemu dengan pria bernama Kimo Stamboel. Setelah saling kenal satu sama lain, mereka pun saling bersahabat dekat.

Gak cuma berteman, mereka kemudian dikenal sebagai duo filmmaker, The Mo Brothers, dan menghasilkan sejumlah film.

3. The Mo Brothers sempat menuai pujian lewat karya mereka yang berjudul Rumah Dara, pada tahun 2007.

Setelah itu, Timo jadi salah satu sutradara segmen dalam antologi The ABCs of Death, pada tahun 2012.

4. Seiring berjalannya waktu, nama Timo mulai dilirik di dunia internasional. Apalagi, setelah dia sukses berkolaborasi dengan Gareth Evans untuk segmen di film antologi V/H/S/2, pada tahun 2013.

5. Bersama The Mo Brothers, Timo melahirkan karya-karya terpuji lainnya seperti Killers pada tahun 2014, yang tayang premier di Sundance Festival.

Gak cuma itu, mereka juga menggarap film Headshot, pada tahun 2016 dan berhasil bawa pulang Piala Citra.

6. Sementara itu, Timo Tjahjanto memulai garap film layar lebar sendiri yakni, Sebelum Iblis Menjemput, pada tahun 2018.

Kala itu, filmnya berhasil mendapatkan penghargaan di Piala Maya 2019, sebagai Sutradara Terbaik.

7. Masih di tahun yang sama, pria berusia 41 tahun ini juga sukses menyutradarai The Night Comes for Us, film original Netflix Indonesia pertama.

8. Selain merancang sekuel untuk Sebelum Iblis Menjemput, Timo Tjahjanto juga ditunjuk jadi salah satu sutradara dalam Bumilangit Cinematic Universe.

9. Karya Timo selama ini di industri film pun, kembali mendapatkan apresiasi di kancah internasional.

Lewat unggahan di Instagram miliknya, Timo meng-capture postingan Twitter dari akun @BDisgusting, yang bilang kalo dia akan jadi sutradara dari Remake Train to Busan (2016), yang haknya dipegang New Line Cinema.

10. Timo Tjahjanto akan bekerja sama dengan produser James Wan (Saw) dan penulis skenario Gary Dauberman (The Conjuring) dalam proyek Hollywood ini. (rfq)

film hollywood timo bros timo tjahjanto sutradara train to busan