Fakta - Fakta Menarik Tentang Reels, Fitur Terbaru Instagram Mirip TikTok

Fakta - Fakta Menarik Tentang Reels, Fitur Terbaru Instagram Mirip TikTok Instagram Reels Pesaing TikTok. Source: Istimewa

Instagram kembali ngasih kejutan ke para penggunanya dengan ngerilis fitur terbaru yang bernama Reels. Fitur ini rupanya berbentuk konten video yang menurut kebanyakan orang mirip sama aplikasi TikTok.

Reels sebelumnya udah sempat ngelakuin tes beta di beberapa negara seperti di Brazil, Prancis, Jerman dan Amerika. Tapi sebenarnya seperti apa Instagram Reels itu? Nah, berikut informasinya!

1. Apa Itu Reels

Instagram Reels merupakan fitur terbaru berbentuk konten video yang lebih menarik dan menyenangkan di Instagram Stories. Sama kaya TikTok, pengguna Reels bisa ngerekam dan ngedit video singkat berdurasi 15 detik, yang kemudian bisa ditonton di Stories, Explore Feed maupun tab khusus Reels di profil pengguna.

2. Bedanya dengan TikTok

Perbedaan paling signifikan di antara TikTok dan Reels adalah dari durasi video, Reels dibatasin maksimal cuma 15 detik aja. Di sisi lain, TikTok udah memperpanjang durasi video maksimal 60 detik.

3. Alasan Instagram Bikin Reels

Katanya sih, Instagram bikin fitur Reels buat ngerespon meningkatnya popularitas dari TikTok selama satu tahun terakhir ini.

Makannya, Instagram pengen bikin pesaing dari TikTok biar pengguna Instagram juga ikut meningkat seperti Tiktok.

4. Cara Ngebuat Video Reels

Kalau Reels udah bisa diakses di smartphone, Reels bisa kamu temui di menu kamera Instagram Stories, yang ada dibawah bsamping "Story". Kalau udah bisa mengaksesnya, pengguna akan menemukan tiga menu di bagian samping kanan yaitu “Audio” buat nambahin lagu, “Speed” buat ngatur kecepatan video, “Effects” buat mengaplikasikan efek atau filter AR dan “Timer” buat ngatur berapa panjang durasi video Reels.

Pada dasarnya, cara pakai Reels tidak jauh berbeda sama cara pakai Stories biasa.

Demikian tadi ulasan tentang Reels – fitur baru Instagram pesaing TikTok. Reels udah bisa diakses di Indonesia, lho! Silahkan mencoba.. 

instagram tiktok konten Reels Internet video