Gempa Magnitudo 7,1 Fukushima Terasa Sampai Tokyo

Gempa Magnitudo 7,1 Fukushima Terasa Sampai Tokyo

Jakarta - Gempa bumi mengguncang Jepang dengan magnitudo 7,1 dengan titik pusat di sekitar pantai timur Fukushima, Jepang, Sabtu (13/2).

Pusat gempa ada di lepas pantai prefektur Fukushima yang kedalamannya 60 km, kata Badan Meterologi Jepang mengutip dari CNN.

Walau gempa sampai 7,1 magnitudo, tapi tidak ada peringatan tsunami hingga saat ini. Tapi Badan Meteorologi Jepang ngasih peringatan kalau suatu waktu ada gempa susulan, setiap warga harus berhati-hati.

Gempa skala cukup tinggi itu terjadi jam 11:08 malam waktu setempat. Kekuatan gempa yang sampai 7,1 mangnitudo ngebuat bangunan-bangunan tinggi hancur atau rusak.

Guncangan gempa tinggi ternyata terasa sampai ke Tokyo sampai ada beberapa gedung di Tokyo yang ikut hancur.

Kata CNN, korban dari kejadian gempa ini ada 100 orang yang luka-luka, dan kerugian kerusakan dan lainnya lebih dari ratusan juta rupiah.

Gempa ini juga sempat jadi trending di Twitter dan banyak netizen yang ngunggah beberapa video dan foto sesaat pas gempa terjadi dan ada juga yang mengirimkan video kerusakan-kerusakan beberapa gedung, bar dan jalanan sekitar Kota Fukushima.

Gempa bumi memang sering terjadi di Jepang, karena Jepang berada di daerah rawan atau biasa disebut Ring of Fire, ini adalah salah satu daerah seismik paling aktif di dunia. Jepang nyatanya nyumbang sekitar 20 persen gempa bumi besar di dunia. (jod)

gempa bumi magnitudo jepang tokyo