Genjot Ekspor, Kementan Perluas Akses Pasar Produk Olahan Sawit

Genjot Ekspor, Kementan Perluas Akses Pasar Produk Olahan Sawit Ilustrasi Kelapa Sawit. Foto: Antara.

Jakarta - Sekretaris Ditjen Perkebunan Kementerian Pertanian (Kementan) Antarjo Dikin bilang, pemerintah terus perluas akses pasar produk olahan Crude Palm Oil (CPO). Hal ini lantaran produk turunan minyak kelapa sawit sangat diminati oleh pasar global.

"Salah satu hasil olahan kelapa adalah Virgin Coconut Oil (VCO) yang menjadi unggulan petani kelapa. Di tengah pandemi pun, komoditas perkebunan VCO tersebut banyak diminati pasar ekspor," ucap Antarjo dikutip dari medcom.id,  Kamis (20/5).

Kata Antarjo, pada 20 April 2020, VCO sebagai salah satu jenis produk olahan kelapa di Kabupaten Konawe Selatan, telah diekspor untuk pasar Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA).

Produk VCO tersebut berasal dari petani kelapa di Kabupaten Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara dan dilakukan pengolahan oleh pelaku usaha perkebunan, Koperasi Serba Usaha (KSU) Indo Nilkaz di Kota Kendari.

"VCO dari Sulawesi Tenggara itu diekspor 2.000 liter, berupa kemasan botol kecil untuk konsumsi rumah tangga, di pasar UEA melalui beberapa tahapan pengiriman," katanya.

Sejauh ini, produk VCO termasuk salah satu produk terbesar yang diekspor selain minyak goreng kelapa, gula kelapa, kopra, arang kelapa, dessicated coconut, dan produk kelapa lainnya.   

Adapun perluasan akses pasar produk VCO, dengan melihat peluang-peluang di perundingan kerja sama perdagangan antarnegara, regional, multilateral, kegiatan business matching, dan melalui informasi perwakilan perdagangan RI di luar negeri.

"Kelapa sawit merupakan tanaman perkebunan dengan nilai ekonomis yang cukup tinggi. Bagi Indonesia, kelapa sawit harus dijaga keberlangsungan usahanya, karena mampu menciptakan kesempatan kerja bagi masyarakat, dan sebagai sumber perolehan devisa negara," tutur Antarjo

Hingga 2019, luas lahan perkebunan kelapa sawit di Indonesia mencapai 14.456.611 hektar, dengan total produksi mencapai 47.120.247 ton. Kelapa sawit merupakan komoditas ekspor nonmigas yang pada 2019, nilai ekspor CPO dan produk turunan kelapa sawit Indonesia mencapai USD 14,7 miliar. (rfq)


pertanian kementan ekspor kelapa sawit