Hebat! Bandung Peringkat ke-7 Makanan Tradisional Terbaik Dunia

Hebat! Bandung Peringkat ke-7 Makanan Tradisional Terbaik Dunia Daftar Kota dengan Makanan Tradisional Terbaik di Dunia.

Jakarta - Indonesia udah sejak lama terkenal dengan keberagaman kulinernya, tiap daerah dari Sabang sampai Merauke punya ciri khas masing-masing. Misalnya aja Palembang dengan pempek, Jakarta dengan soto betawi atau kerak telor.

Banyak juga wisatawan asing atau lokal yang rela jauh-jauh ke beberapa daerah di Indonesia, karena pengen cobain kuliner di daerah tersebut.

Baru-baru ini TasteAtlas, sebuah lembaga riset dan situs asal Kroasia ngebuat sebuah penilaian tentang kota terbaik untuk makanan tradisional di dunia. Hasilnya, bikin bangga!

Kota Bandung meraih peringkat ke-7 kota terbaik di dunia, untuk makanan tradisional (World's best cities for traditional foods) versi TasteAtlas.

TasteAtlas adalah sebuah lembaga riset dan situs yang fokus mengulas makanan, terutama tradisional makanan, resep lokal, restoran autentik di dunia. Situs ini juga mengklaim udah ngebuat 10 ribu katalog makanan dan minuman.

Bandung masuk ke jajaran teratas, karena memiliki nilai keberagaman dan keunikan kuliner tradisional yang terbilang terbaik dari beberapa kota di dunia.

TasteAtlas bilang, kalo makanan khas Bandung seperti mie kocok, batagor, dan kupat tahu, jadi makanan tradisional enak yang bisa merepresentasikan kota Bandung, lho.

TasteAtlas juga nilai ada banyak restoran autentik terbaik di Bandung seperti Batagor Kingsley, Warkop Modjok, Armor Kopi, Surabi Cihapit, dan Cireng Cipaganti.

Penghargaan bergengsi ini, ngebuat Bandung bersanding sama Kota Paris, Roma, Buenos Aires, Istanbul, Mexico City, dan Kyoto.

Bahkan, Bandung lebih unggul dari Kota Naples, Melbourne, Lisbon, Beirut, New Delhi, Bangalore, Bangkok, Mumbai, dan Hongkong.

Bahkan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengucapkan selamat atas capaian Bandung lewat postingannya di Instagram.

"SELAMAT! untuk ragam dan kualitas kuliner lokal Bandung yang masuk jajaran dunia dan juara 1 se ASEAN, dari Taste Atlas Award 2020," tulis Ridwan Kamil.

Pria yang kerap disapa Kang Emil ini juga meminta agar pelaku makanan tradisional lainnya seperti tutug oncom, batagor, surabi dan cendol untuk terus mempertahankan dan mempopulerkan panganan tersebut.

"Salam Seblak, SELAMAT untuk ragam dan kualitas kuliner lokal Bandung yang masuk jajaran juara dunia dan juara 1 se ASEAN dari Taste Atlas Award 2020. Kepada Om Tutug Oncom tolong Pertahankan. Kepada Om Tigor Batagor tolong ditingkatkan. Kepada Bibi Surabi tolong terus promosikan. Kepada 'Ratu Elizabeth' Cendolnya tolong dipopulerkan. Salam Seuhah," tulisnya lagi. (jod)

bandung makanan penghargaan batagor surabi miekocok paris