Intip Keindahan Ibu Kota Negara Baru Indonesia di Kalimantan

Intip Keindahan Ibu Kota Negara Baru Indonesia di Kalimantan Tampak desain 3D Ibu Kota Baru. Sumber: YT Kementerian PUPR

Jakarta - Rencana pembangunan Ibu kota baru di daerah Kalimantan Timur sempat hilang gak ada kabar, karena munculnya pandemi COVID-19. Tapi baru-baru ini, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN), Suharso Monoarfa, bilang kalo pembangunan ibu kota baru udah berjalan.

Katanya lagi, Istana Presiden juga bakal dibangun tahun ini. Kalo lancar sesuai rencana, Istana Presiden udah bisa digunain di tahun 2024 nanti.

Desain ibu kota baru ini emang diambil dari Nagara Rimba Nusa, yang menang sayembara desain 3D ibu kota baru itu. Selain Istana Presiden, ada beberapa infrastruktur keren yang mungkin belum ada di Indonesia sebelumnya.

Maka dari itu, kali ini numbuh bakal ngasih tau beberapa infrastruktur yang bakal dibangun di Ibu kota baru nanti.

1. Astana Indonesia Raya

Ini adalah penampakan Istana Presiden yang bakal dibangun di ibu kota baru. Desain yang modern namun penuh kebudayaan ini, nantinya bakal jadi pemandangan paling keren ketika kalian berkunjung ke ibu kota baru ini.

2. Danau Pancasila

Danau ini bakal dikelilingin sama infrastruktur dan gedung-gedung yang dituju jadi fasilitas umum, kayak Pasar Rakyat, Museum Peradaban Indonesia, Komplek Religi Nasional, Monumen Persatuan Indonesia, dan Plaza Demokrasi.

3. Komplek Pemerintahan

Komplek pemerintahan di Ibu kota baru cukup menarik. Sebab, badan Yudikatif, Legislatif, dan Kepresidenan bakal berjajar serta bersatu di tepi hutan kota yang asri banget.

4. Kebun Botani

Ibu kota baru ini bakal dikelilingin sama hutan asli Kalimantan yang liar dan asri, kayak Hutan Botani yang bakal berdempetan sama pemukiman modern.

5. Bhinneka Tunggal Ika Plaza

Ini bakal jadi kawasan bisnis, komersial dan perkantoran swasta yang katanya bakal mengedepankan teknologi dan ramah lingkungan.


Itu tadi, beberapa infrastruktur dan pembangunan yang bakal dibangun di ibu kota baru. Semoga, perpindahan ibu kota nanti diberi kelancaran agar Indonesia semakin maju. (jod)

jokowi covid-19 indonesia Kementerian IbuKota KalimantanTimur