Jelang Panen Raya, Kementan Janji Akan Jaga Harga Gabah Petani

Jelang Panen Raya, Kementan Janji Akan Jaga Harga Gabah Petani Menteri Pertanian saat tinjau panen raya/ Sumber: Kementan

Jakarta - Dalam rangka mendekati musim panen raya, Kementan berkomitmen buat ngejaga produksi dan ningkatin kesejahteraan petani.

Kepala Biro Humas dan Informasi Publik Kementerian Pertanian Kuntoro Boga Andri bilang, salah satu caranya dengan ngejaga harga jual gabah para petani. Hal ini berguna buat mencegah anjloknya harga gabah, sehingga petani bisa nikmatin hasil panennya sendiri.

"Bahkan di masa panen raya ini, kami aktif turun ke lapangan untuk menjaga harga jual gabah petani. Kita harus menjaga kegembiraan para petani di masa panen," ucap kuntoro dalam keterangan tertulis yang diterima, Selasa (23/3).

Baca juga: Kementan Minta Petani Terapkan Sistem Jajar Legowo

Kementan lewat Komando Strategi Penggilingan Padi atau Konstraling, bekerja sama dengan Bulog yang bakal nyerap produksi padi di sejumlah daerah.

Ngutip Kompas, kalau Menteri Pertanian dalam keterangannya bilang, kalau penyerapan padi bakal dilakukan buat antisipasi jatuhnya harga padi di lapangan.

Maka dari itu, Pemerintah melalui Kementan membentuk Tim Terpadu Gerakan Serap Gabah Petani yang tertuang dalam Surat Menteri Pertanian Nomor 28/TP.100/M/03/2021.

Tim terpadu itu ada Kementan, Bulog Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Perindustrian Perdagangan, Kodim, Polisi, Perpadi dan Konstraling.

Baca juga: Kementan Percepat Proyek Food Estate di Kalteng Biar Jadi Ketahanan Pangan Nasional

"Tim ini bakal beli gerabah di tingkat petani sesuai dengan harga pokok penjualan. Insha Allah tahun ini berjalan dengan baik," ucap Mentan.

Sebagai informasi aja, kalau data dari BPS terlihat bahwa potensi luas panen padi di Januari sampai April 2021 capai 4,86 juta ha.

Angka itu meningkat sebesar 1,02 ha atau naik 26,53 persen dibandingin tahun lalu di bulan yang sama.

Kenaikan itu terjadi karena panen raya padi terjadi di awal tahun, terutama di sejumlah daerah yang terus nunjukin tren positif. (jod)

padi kementan mentan panen Gabah