Kasih Bibit Pisang ke Petani NTT, Menteri Pertanian Ingin Hasilnya Jadi Home Industri

Kasih Bibit Pisang ke Petani NTT, Menteri Pertanian Ingin Hasilnya Jadi Home Industri Menteri Pertanian memberikan sambutan. Sumber: Kementan

Kupang - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo memberikan bantuan program serta bantuan pemulihan budidaya beberapa komoditas utama. Hal itu buat ningkatin perekonomian masyarakat Nusa Tenggara Timur (NTT).

Program ini diwujudkan lewat bantuan bibit pisang varietas baru, hasil penelitian Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian serta fasilitasi aspek hilir ke setiap rumah terdampak bencana alam.

"Kami siapkan bibit pisang 100 ribu pohon tanam setiap rumah. Hasilnya sangat bagus, beda dengan pisang umumnya. Namun, saya ingin bukan soal buah pisang, tetapi hasilnya yang dikelola jadi home industri," ujar Mentan SYL ngutip dari Kompas, Senin (12/4).

Saat meninjau lokasi terdampak bencana alam akibat badai tropis seroja di NTT baru-baru ini, Mentan SYL juga menyerahkan bantuan sembako dan sarana pertanian bersama gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat.

"Saya hadir di sini untuk bangsa dan negara. Kegiatan ini adalah perintah Bapak Presiden Joko Widodo. Untuk itu, kami memberikan bantuan darurat berupa sembako dan benih padi, jagung hingga peternakan, agar segera dilakukan upaya pemulihan," imbuh Mentan SYL.


Gak cuma itu, SYL juga perintahin jajarannya bersama pemerintah daerah (pemda) untuk menyusun rumusan program yang tepat guna.

Hal tersebut dilakukan Kementan guna memulihkan produksi padi, jagung, dan peternakan. Seperti diketahui, NTT merupakan sentra produksi jagung dan sapi.

Seperti diketahui, NTT merupakan sentra produksi jagung dan sapi yang menjadi unggulan Indonesia dalam pemenuhan kebutuhan pangan Nasional dan juga ekspor. (jod)

kementan mentan sembako pemerintah pisang BencanaAlam