Keren! 3 Bandara Indonesia Dinobatkan Best Hygiene Measures se-Asia Pasifik

Keren! 3 Bandara Indonesia Dinobatkan Best Hygiene Measures se-Asia Pasifik Bandara Husein Sastranegara. Sumber: Shutterstock

Jakarta - Bandar udara alias bandara di Indonesia, menjadi salah satu gerbang utama masuk dan keluarnya aktivitas warga baik dari dalam maupun luar negeri. Nah, karena terus berbenah diri, 3 bandara di Indonesia pun dapat penghargaan dari Airport Council International (ACI).

ACI kasih penghargaan itu karena menilai ketiga bandara itu mampu jalanin program-program keselamatan dan kesehatan, dengan memperkuat aspek higienis dalam mencegah Covid-19.

Bandara terbaik dengan kategori Best Hygiene Measures by Region (Asia-Pacific) ini, diraih oleh 7 Bandara. 3 di antaranya adalah bandara di Indonesia. Mereka adalah Bandara Soekarno-Hatta (Tangerang), Bandara Husein Sastranegara (Bandung), Bandara Depati Amir (Pangkalpinang).

Ngutip Liputan6, kalo Penghargaan ini merupakan kategori baru dari Airport Service Quality (ASQ) Awards 2020, yang penilaiannya diukur berdasarkan efektivitas dari program keselamatan & higienis, kejelasan rambu dan instruksi terkait program keselamatan, kemampuan staf bandara dalam mengaplikasikan program keselamatan dan higienis.

"Penghargaan ini memberikan bandara suatu metode andal untuk mengukur respons pelanggan terhadap tindakan [protokol] kesehatan, dan mengakui keberhasilan bandara dalam merespons fokus [pelanggan] terhadap aspek higienis,” jelas ACI dalam keterangan tertulis, Senin (1/3).

Direktur Utama Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin bilang, kalo pencapaian ketiga bandara ini merupakan keberhasilan semua stakeholder dalam menerapkan protokol kebersihan dan kesehatan pencegahan Covid-19.

“Prestasi Bandara Soekarno-Hatta, Bandara Husein Sastranegara dan Bandara Depati Amir bukan hanya keberhasilan semata AP II, tetapi juga seluruh stakeholder antara lain Otoritas Bandara Kemenhub, maskapai, KKP Kemenkes, Bea Cukai, Imigrasi, Balai Karantina, TNI/Polri, pihak ground handling, dan juga Satgas Udara Penanganan COVID-19 yang sangat menjaga berjalannya protokol kesehatan,” ujar Muhammad Awaluddin dalam keterangan tertulisnya, Selasa (2/3).

Ternyata, Bandara Husein Sastranegara Bandung juga mendapatkan penghargaan lain dari kategori Best Airport by Size and Region (under 2 million passengers per year in Asia-Pasific). (jod)

penghargaan huseinsastranegara asiapasifik