Kisah Magalarva Mengubah Sampah Organik Jadi Pakan Ternak

Kisah Magalarva Mengubah Sampah Organik Jadi Pakan Ternak Arunee Sarasetsiri (kiri) dan Rendria Labde (kanan). Foto: Dok. numbuh.
Bogor - Buat sebagian orang, sampah organik diolah kembali untuk digunakan sebagai pupuk tanaman. Namun, bagi Magalarva, sampah organik bisa jadi sesuatu yang mampu memberikan banyak manfaat.

Berdiri sejak 2017, Magalarva ingin menjadi sebuah perusahaan start up yang bisa menyejahterakan para peternak dan petani. Nah caranya, dengan mengolah sampah organik menjadi pakan ternak dan tanaman.

Magalarva saat ini udah punya beragam produk yang bisa dimanfaatkan para peternak dan petani. Mulai dari Fresh Larva, Dried Larva, Tepung BSF, Minyak BSF, dan pupuk BSF.

"Magalarva dapat membantu para peternak ini untuk menurunkan biaya dan menurunkan cost pakan ternak mereka. Dengan caranya, Magalarva bisa menurunkan cost-nya itu dengan menggunakan protein yang diproduksi oleh Magalarva, yaitu protein yang bernama Larva dari Black Soldier Fly (BSF)," ucap Founder sekaligus CEO Magalarva, Rendria Labde, saat berbincang dengan numbuh, di kawasan Gunung Sindur, Bogor, baru-baru ini. 


"Jadi Larva dari Black Soldier Fly (BSF) ini memang udah terbukti bisa jadi pengganti pakan ternak, yang secara itungan, teoritis dan juga praktek, itu bisa membantu para peternak menurunkan cost pakan ternak mereka, 10-20 persen. Itu sangat signifikan sekali, kalo dipikir-pikir," sambungnya.

Lantas, gimana cara Magalarva untuk bisa bantu petani Indonesia dengan larva dari BSF ini? Sudah berapa banyak sampah yang diolah Magalarva? Apa target selanjutnya yang ingin Magalarva capai?

Nah, untuk kisah selengkapnya, kamu bisa langsung simak video yang ada di bawah ini, ya! (rfq)

pupuk peternakan magalarva black soldier fly