Kritik Jokowi The King of Lip Service, BEM UI Dapat Panggilan

Kritik Jokowi The King of Lip Service, BEM UI Dapat Panggilan Postingan BEM UI soal Jokowi The King of Lip Service. Foto: Instagram @bemui_offcial.
Jakarta - Di masa pandemi Covid-19 kayak sekarang ini, menyalurkan aspirasi atau kritikan terhadap pemerintah melalui demo udah sangat dibatasi.

Nah, Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI) pun, mengunggah postingan yang berisi kritikan terhadap kepemimpinan Presiden Joko Widodo. 

Mereka menuliskan bahwa Jokowi merupakan The King of Lip Service. Sejumlah kritikan dan fakta soal Jokowi pun diunggah dalam postingan di akun Instagram BEM UI. Akibat kritikan itu, BEM UI pun mendapatkan panggilan dari pihak kampus UI, terkait postingan tersebut.

"Betul, saya tadi mengikuti pertemuan tersebut bersama wakil saya, bersama ketua DPM dan Wakil Ketua DPM. Pihak UI meminta keterangan dari kami, mengapa posting itu, tujuannya apa, dan kami jelaskan juga di situ," ujar Ketua BEM UI, Leon Alvinda Putra, dikutip dari CNN IndonesiaI, pada Senin.

Bahkan dari pertemuan tersebut, postingan di akun Instagram BEM UI itu diminta untuk dihapus oleh pihak rektorat UI.

“Kemarin baru minta klarifikasi dari rektorat ke BEM. Sama tanya apakah bisa di-takedown, dan akan bahas kelanjutannya sesuai peraturan Universitas," ujar Leon.

BEM UI turut memuat ilustrasi beserta referensi tautan pemberitaan, yang memperlihatkan kontradiksi pernyataan Jokowi. Mereka menyoroti pernyataan Jokowi yang mengungkapkan dirinya rindu didemo dan meyakini pemerintah perlu dikontrol dengan cara didemo.

Kemudian, mereka menyinggung berbagai kejadian yang menimpa massa demonstrasi di bawah kepemimpinan Jokowi. Mulai dari tindak kekerasan terhadap massa aksi demo Omnibus Law Cipta Kerja, aksi Hari Buruh 2021, sampai Hari Pendidikan Nasional 2021.   

Pelemahan KPK juga disentil BEM UI dalam postingan tersebut. Jokowi, kata mereka, hanya sebatas mengobral janji manis ketika acap kali menyatakan akan memperkuat lembaga antikorupsi tersebut. (rfq)
jokowi news bem ui the king of lip service universitas indonesia (ui)