Liburan Sekaligus Belajar di 5 Tempat Sejarah Semarang

Liburan Sekaligus Belajar di 5 Tempat Sejarah Semarang Ilustrasi Lawang Sewu. Sumber: Istimewa

Indonesia sebagai negara bekas penjajahan, tentu aja punya banyak peninggalan sejarah, salah satunya di Kota Semarang. Semarang jadi salah satu kota yang jadi saksi perjuangan Indonesia kala di jajah Belanda dan Jepang pada saat itu.

Seperti yang kamu tahu, bahwa ibu kota Jawa Tengah ini punya banyak banget keberagaman tempat wisata berupa bangunan sejarah yang menarik.

Penasaran? Berikut beberapa rekomendasi tempat wisata sejarah di Semarang.

1. Kota Lama

Kota Lama memang jadi salah satu tempat wisata bersejarah paling populer di Semarang. Disini, para wisatawan bakal disuguhin bangunan - bangunan tempo dulu yang diperkirakan udah berdiri sejak tahun 1700-an.

2. Lawang Sewu


Nama Lawang Sewu pasti tidak asing dong, apalagi sejarah Lawang Sewu begitu kental dengan Kota Semarang. 

Bangunan dengan seribu pintu ini awalnya bernama Nederlands Indische Spoorweg Maatschappij, yang ternyata dulunya sebuah kantor administrasi perusanaan kereta api swasta, lho.

3. Museum Kereta Api Ambarawa

Museum Kereta Api Ambarawa yang sudah ada sejak 21 Mei 1873 ini ternyata dulunya adalahs ebuah stasiun bernama Stasiun Willem I. Seiring waktu, museum ini dijadikan sebagai tempat penyimpanan lokomotif jaman Hinda-Belanda.

Museum ini juga sering jadi lokasi acara besar seperti, bazzar, workshop,festival, dan lainnya.

4. Menara Mercusuar Willem III

Menara Mercusuar Willem III adalah bangunan menara yang jadi awal mula perkembangan Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, lho.

Dibangun tahun 1879, kala itu mercusuar berfungsi untuk memfasilitasi lalu lintas kapal - kapal dari berbagai negara.

5. Benteng Pandem Ambarawa

Benteng Pandem Ambarawa yang dibangun sejak 1834 ini sangat menarik buat dikunjungi, nih. Bangunan benteng yang mirip Lawang Sewu ini cocok banget buat mengabadikan gambar dan foto dengan latar belakang benteng yang keren banget.

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata sejarah yang wajib kalian kunjungi ketika sedang liburan ke Semarang.

liburan traveling sejarah Semarang