Mentan Pantau Ketersediaan Sapi Potong Jelang Puasa dan Lebaran

Mentan Pantau Ketersediaan Sapi Potong Jelang Puasa dan Lebaran Mentan Mantau Stok Daging Sapi. Sumber: Kementan

Tangerang - Persediaan daging sapi menjelang Bulan Ramadhan dan Idul Fitri tahun ini, diyakini aman oleh Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo.

Mentan pun bergerak cepat, memastikan ketersediaan daging sapi potong dan beku untuk memenuhi kebutuhan masyarakat jelang Bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri. Mentan beserta jajaran meninjau feedloter dan stok daging beku, di PT. Indoguna utama di Kabupaten Tangerang, Rabu (3/3).

"Saya bersama jajaran Dirjen Kementerian Pertanian, Dirjen Kementerian Perdagangan didampingi Bupati Tangerang, berkunjung ke PT TUM dengan tiga agenda yang kita akan laksanakan bersama-sama, setelah sebelumnya kita sudah buat kesepakatan," ujar Mentan.

Dia juga jelasin, tiga agenda Kementan terkait upaya ketersediaan daging sapi potong dan beku di Indonesia. 

Pertama emergency agenda, berupa mempersiapkan ketersediaan sapi potong, dalam menghadapi puasa Ramadhan dan Idul Fitri, sebagai big season akan kebutuhan daging. 

"Sesuai arahan Presiden, kita harus melakukan upaya maksimal dalam mengamankan ketersediaan daging ini. Sesuai pembicaraan Kemendag maupun Kementan, bersama Pemerintah Kabupaten Tangerang dan PT TUM siap membackup kebutuhan ini hari besar ini," ungkapnya.

Kedua agenda temporer, yakni menjaga ketersediaan daging sapi setelah puasa Ramadhan dan Idul Fitri. Sehingga, sapi yang sudah dipotong harus segera digantikan agar ketersediaan sapi tetap terjaga secara berkelanjutan.

"Karena kita tidak bisa hanya Ramadhan. Kita juga harus bicara sesudah Ramadhan bagaimana in-out nya sapi yang harus dilakukan. Sehingga, ketersediaannya dapat kita amankan sekaligus kestabilan harga juga ada," tuturnya.

Ketiga, agenda permanen. Agenda ini adalah dengan menyiapkan ketersediaan sapi dalam negeri untuk meningkatkan ketahanan pangan dan ketersediaan daging. Sehingga, gak perlu tergantung dengan negara lain lagi.

"Oleh karena itu, Kementan dan Kemendag harus memiliki kerja sama yang kuat. Tentu saja, dengan Kementerian BUMN juga untuk di-back up private sektor kita, dalam hal ini PT TUM yang sudah berpengalaman menangani supply sapi," tegasnya. (jod)

kementan mentan dagingsapi ramadhan