Orang Utan dan Simpanse Pertama yang Disuntik Vaksin Covid-19

Orang Utan dan Simpanse Pertama yang Disuntik Vaksin Covid-19 Ilustrasi Orangutan. Sumber: Freepik

Jakarta - Untuk pertama kalinya, hewan primata non-manusia disuntik vaksin Covid-19 eksperimental. Sejumlah empat orang utan dan lima simpanse kerdil di Kebun Binatang San Diego, Amerika Serikat disuktik vaksin. 

Masing-masing hewan dapat dua dosis suntikan buatan Zoetis, sebuah perusahaan farmasi hewan asal Amerika Serikat.

Ngutip Kompas, Vaksinasi pada sejumlah hewan ini dikarenakan pada Januari lalu, beberapa Gorila di kebun binatang itu dinyatakan positif Covid-19. Tapi untungnya, semua gorila tersebut sudah pulih dan dinyatakan negatif.

Pihak kebun binatang akhirnya memprioritaskan para orang utan dan simpanse kecil untuk divaksin duluan daripada gorila. Meski begitu, pihak Zoetis berencana bakal ngasih lebih banyak lagi vaksin ke kebun binatang San Diego dan kebun binatang lainnya.

Kasus virus corona juga udah ditemuin pada hewan di kebun binatang lain. Termasuk singa dan harimau di Kebun Binatang Bronx di New York, dan singa di Kebun Binatang Barcelona di Spanyol.

Penularan Covid-19 telah dikonfirmasi pada berbagai hewan di seluruh dunia, dari anjing dan kucing hingga musang dan cerpelai. Namun, kasus-kasus positif pada hewan ini tergolong sangat jarang terjadi.

Zoetis mulai mengembangkan vaksin Covid-19 untuk digunakan pada anjing dan kucing. Tapi kemudian beralih untuk mempelajari vaksin buat beberapa hewan lainnya kayak cerpelai.

Mengutip Kompas, vaksin Zoetis mirip dengan vaksin Novavax yang digunakan buat manusia, dengan memberikan versi modifikasi protein spike virus corona. (jod)

covid-19 orangutan kebun binatang vaksin gorila Zoetis