Pebalap Jason Dupasquier Meninggal Usai Kecelakaan Pada Kualifikasi Kedua (Q2) Moto3 Italia

Pebalap Jason Dupasquier Meninggal Usai Kecelakaan Pada Kualifikasi Kedua (Q2) Moto3 Italia Pebalap Moto3Jason Dupasquier. Foto: Instagram @motogp.
Jakarta - Kualifikasi kedua (Q2) Moto3 Italia, pada Sabtu (29/5) lalu, ngebuat pebalap Jason Dupasquier (Pruestel GP) alami kecelakaan yang sangat fatal.

Pebalap berusia 19 tahun ini alami kecelakaan downside, jelang akhir Q2 Moto3 Italia di Tikungan 9 Sirkuit Mugello.  Saat itu, Jason Dupasquier memacu motornya dengan kecepatan tinggi, tepat di depan pebalap Tech3 asal Jepang, Ayumu Sasaki. 

Jarak yang begitu dekat, ngebuat Ayumu Sasaki gak bisa menghindari Jason Dupasquier yang udah terjatuh terpental dari motornya. Ayumu Sasaki yang kala itu juga melaju cepat, menabrak tubuh Jason Dupasquier di depannya.


Dalam tayangan ulang, Ayumu Sasaki juga menabrak motor dan Jason Dupasquier. Akibatnya, Ayumu Sasaki terpental dari motornya atau alami kecelakaan highside setelah bersinggungan dengan Jason Dupasquier.

Pebalap Jeremy Alcoba (Indonesian Racing Gresini) dikabarkan juga sempat bersinggungan dengan Jason Dupasquier. Akibat dari kecelakaan yang melibatkan Jason Dupasquier, Jeremy Alcoba, dan Ayumu Sasaki, bendera merah atau red flag langsung dikibarkan sebagai tanda bahwa sesi Q2 Moto3 Italia dihentikan. 

Tim medis di Sirkuit Mugello kemudian langsung bergegas menuju Tikungan 9, untuk kasih perawatan pertama ke Jason Dupasquier yang masih terkapar.  Sedangkan Ayumu Sasaki dan Jeremy Alcoba, langsung bisa berdiri meskipun mengalami cedera ringan. 



Usai hampir 40 menit di rawat di Sirkuit Mugello, Jason Dupasquier dibawa ke Rumah Sakit Careggi di Florence, pakai helikopter atau ambulans udara. 

Jason Dupasquier cedera parah di bagian otak, dada, dan perut, hingga harus naik meja operasi. Setelah dirawat selama kurang lebih 24 jam, dia masih terus dalam keadaan kritis hingga meninggal dunia pada Minggu (30/5) kemarin. (rfq)

berita duka Sport motogp jason dupasquier