Pesepeda Road Bike Boleh Melintasi Jalur Kanan di Jakarta Pada Pagi Hari

Pesepeda Road Bike Boleh Melintasi Jalur Kanan di Jakarta Pada Pagi Hari Ilustrasi para pesepeda road bike di jalur tengah Jalan Sudirman, Jakarta. Foto: @guejualfoto.
Jakarta - Polda Metro Jaya dan Dinas Perhubungan DKI Jakarta izinin rombongan pesepeda road bike untuk melintas di jalur kanan pada pukul 05.00 hingga 06.30 WIB. 

Nah, kalo kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo, keputusan itu atas dasar kesepakatan antara polisi dan Dishub DKI Jakarta saat rapat yang digelar beberapa waktu lalu.

"Ini untuk memberikan ruang kepada para pengguna sepeda yang untuk sport yang katanya kecepatannya itu tidak memadai kalau menggunakan jalur sepeda yang sudah disediakan," ujar Sambodo dikutip dari CNN Indonesia, Rabu (2/6).

Nah, kalo masih ada pesepeda road bike atau lainnya yang melintas di luar jalur sepeda setelah pukul 06.30 WIB, maka akan langsung diberikan imbauan oleh petugas. Kata Sambodo, pihaknya udah kerahin personel untuk lakukan patroli dan awasin para pesepeda tersebut.


Sambodo juga mengingatkan bahwa ada sanksi hukum bagi para pesepeda yang masih nekat melintas di luar jalur. Sanksi ini merujuk pada Pasal 299 Jo Pasal 122 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.  

Meski demikian, Sambodo bilang kalo pihaknya masih membahas prosedur baku penerapan sanksi tersebut.  

"Karena apa, karena mungkin untuk pertama kali di Indonesia nih melaksanakan penindakan terhadap kendaraan tidak bermotor khususnya sepeda. Nah tentu SOP-nya apakah yang disita nanti sepedanya, apakah yang disita nanti KTPnya atau cukup sidang di tempat atau bagaimana," imbuh Sambodo. (rfq)

dirlantas polda metro jaya sepeda road bike polda metro jaya dishub dki jakarta kementerian perhubungan