Pintar! Sampah Plastik yang Dilempar Pengunjung, Sudah Dimuntahin Kuda Nil

Pintar! Sampah Plastik yang Dilempar Pengunjung, Sudah Dimuntahin Kuda Nil Kuda nil yang dikasih makan botol plastik. Foto: Instagram @cyntiactcete.

Jakarta  - Nama kuda nil baru-baru ini menjadi bahan perbincangan netizen. Bukan karena kuda nil yang berbuat salah, tapi dia menjadi korban pengunjung yang gak bertanggung jawab.


Dalam video yang diunggah akun @cyntiactcete, terlihat ada salah satu pengunjung Taman Safari Bogor, melempar sampah botol plastik ke mulut kuda nil yang sedang santai.


Video tersebut juga memperlihatkan secara jelas nomor kendaraan yang digunakan pengunjung yang gak bertanggung jawab itu, yakni D 1581 VN


"Jadi kemarin, mobilku pas banget di belakang mobil dia, kuda nilnya memang lagi leyeh-leyeh di pinggir. Dari dalam mobil itu memang ada tangan yang keluar dan mengayun-ayunkan sampah plastik supaya kuda nilnya mangap. Pas mangap, eh dilemparnya lah sampah plastik ke dalam mulutnya (kuda nil)," tulis pemilik akun @cyntiactcete di Instagram Story.


Cyntia bilang kalo dia udah coba kasih klakson dari belakang, agar pengunjung yang buang botol plastik ke kuda nil itu berhenti, dan mempertanggungjawabkan perbuatannya.


Cyntia juga langsung melaporkan kejadian tersebut ke pihak Taman Safari Bogor, agar ditindaklanjuti. Syukurnya, kuda nil itu gak sampai menelan sampah botol plastik itu.


"Alhamdulillah.. Setelah semalam di tag di story, pihak safari menanggapi bahwa setelah diperiksa kuda nilnya memuntahkan sampahnya.. Ihh, Pintaaaarrr!" kata Cyntia.


Sementara itu, dikutip dari Detik, pihak Taman Safari Bogor juga udah melihat kondisi kuda nil tersebut, dan sekarang dalam keadaaan sehat.


"Satwanya aman. Botol plastik itu sudah sempat dimuntahkan," ujar Yulius H Suprihardo, Media Relation Taman Safari Indonesia dalam sambungan telepon, Senin (8/3).


Taman Safari Bogor juga gak akan tinggal diam, terkait kejadian tragis kuda nil memakan sampah ini. Pengelola akan memprosesnya.


"Kami akan tetap tindaklanjuti. Kami menunggu head office untuk mem-follow up dan akan kabari setelah ada perkembangan," tutur Yulius.


Di sisi lain, ada kabar terbaru bahwa pengunjung yang melempar sampah ke mulut kuda nil ini udah diketahui. Dia merupakan seorang ibu yang sudah cukup tua.


Dalam video permintaan maaf yang diunggah akun Instagram Pendiri Animal Defenders Indonesia Doni Herdaru Tona, ibu itu meminta maaf.


"Assalamualaikum waromatullahi wabarakatuh, saya pelaku ada berita viral saya mau mendatangi Taman Safari untuk klasifikasi memohon maaf atas kejadian saya, saya berjanji tidak akan mengulanginya terima kasih atas perhatiannya, Assalamualaikum warohmatullahi wabarakatuh," ujar pelaku dalam video yang diunggah Doni, Selasa (9/3).


Doni menuliskan, Animal Defenders Indonesia akan mendampingi pelaku untuk mendatangi Taman Safari Indonesia (TSI). Dia juga bilang bahwa saat ini sudah berada di Taman Safari Bogor untuk bertemu dengan pelaku dan pihak kebun binatang tersebut.


"Kami menghormati proses-proses yang ditempuh oleh pihak TSI untuk melindungi satwa-satwa naungannya, dan menghargai niat baik pelaku yang sejak semalam mengikuti semua saran dan arahan kami," tulis Doni. (rfq)


kebun binatang kuda nil taman safari indonesia bogor