Punya Potensi Tinggi, Kementan Genjot Produksi Sarang Walet dan Porang

Punya Potensi Tinggi, Kementan Genjot Produksi Sarang Walet dan Porang Tanaman porang. Foto: Antara.
Jakarta - Kementerian Pertanian terus genjot produksi sarang burung walet dan porang. Soalnya, kedua komoditas tersebut punya potensi cukup tinggi di pasar global. 

Upaya peningkatan budidaya kedua komoditas ini akan dilakukan dari hulu hingga hilir.

"Kita akan segera mengembangkan dan mengakselerasi lebih kuat dari hulu ke hilir, terutama melakukan pembinaan-pembinaan teknis kepada petani baik porang maupun sarang burung walet," ujar Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dikutip dari Kontan, Rabu (5/5).

Mentan SYL bilang, akan mendesak pembentukan klaster daerah produsen, serta pengelompokan produsen. Sehingga, nantinya akan dikembangkan hingga proses industri.  

Sementara untuk porang kata SYL, dapat dibudidayakan di seluruh daerah di Indonesia. Gak cuma produksi, pemerintah juga akan menyederhanakan regulasi terkait budidaya keduanya. 

"Presiden meminta bahwa semua berpihak pada rakyat dan tidak ada hal-hal yang harus dibuat ribet, membuat regulasi menjadi hambatan," tuturnya.

Mentan SYL, bersama berbagai pihak akan mendorong ruang bagi petani porang, dan pembudidaya sarang burung walet. Sehingga, ke depan akan memberikan nilai ekspor yang lebih besar. (rfq)

pertanian menteri pertanian syahrul yasin limpo tanaman porang