Sekarang, Pasang Lagu di Cafe, Supermarket, Hingga Radio Wajib Bayar Royalti

Sekarang, Pasang Lagu di Cafe, Supermarket, Hingga Radio Wajib Bayar Royalti Ilustrasi Konser Musik. Sumber: Freepik

Jakarta - Presiden Joko Widodo baru aja menyetujui pengaturan pembayaran royalti kepada pencipta lagu, pemegang hak cipta, atau pemilik hak lagu, terkait yang dipakai para pengguna di karaoke, bioskop, restoran, kafe, bahkan radio dan juga televisi.

Kewajiban ini tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 56 Tahun 2021, tentang Pengelolaan Royalti Hak Cipta Lagu Dan/Atau Musik. Beleid yang diteken Jokowi pada 30 Maret ini, tertuang pada pasal 3 ayat 1.

"Setiap orang dapat melakukan penggunaan secara komersial lagu dan/atau musik dalam bentuk layanan publik yang bersifat komersial dengan membayar royalti kepada pencipta, pemegang hak cipta, dan/atau pemilik hak," tulis isi PP No 56 tahun 2021, yang dikutip dari CNN Indonesia, Rabu (7/4).

Selain pada tempat tersebut, dalam ayat selanjutnya diatur kewajiban membayar royalti juga berlaku pada beberapa penggunaan, yaitu:

a. Seminar dan konferensi komersial

b. Konser musik

c. Pesawat udara, bus, kereta api, dan kapal laut

d. Pameran dan bazar

e. Nada tunggu telepon

f. Bank dan kantor

g. Pertokoan

h. Pusat rekreasi

i. Lembaga penyiaran televisi

j. Lembaga penyiaran radio

k. Hotel, kamar hotel, dan fasilitas hotel

Nantinya, sesuai dengan pasal 13 ayat 3, besaran royalti yang harus dibayar bakal ditentuin sama LMKN (Lembaga Manajemen Kolektif Nasional).

Menurut Jokowi, Peraturan Pemerintah ini dibuat demi memberi perlindungan dan kepastian hukum kepada pencipta, pemegang hak cipta, atau pemilik hak terkait.

Disisi lain, Penyanyi senior Iwan Fals turut berkomentar perihal ditekennya aturan tentang royalti musik dan/atau lagu untuk kegiatan komersil.

Lewat twitter, Iwan Fals mengucap syukur atas peraturan yang mengharuskan layanan komersil seperti radio dan kafe membayar royalti untuk penggunaan musik dan/atau lagu.

"Ya Alhamdulillah lah," tulis Iwan, Rabu (7/4) menjawab pertanyaan warganet tentang royalti pemutaran lagu. (jod)

jokowi musik royalti PeraturanPemerintah HakCipta