Siap-siap, Mobil di Atas 10 Tahun Akan Dilarang Melintas di Jakarta

Siap-siap, Mobil di Atas 10 Tahun Akan Dilarang Melintas di Jakarta Ilustrasi mobil di atas 10 tahun. Foto: shutterstock.

Jakarta - Gubernur DKI Jakarta keluarin instruksi yang tertuang pada nomor 66 tahun 2019, tentang pengendalian kualitas udara. Nah, salah satu instruksinya itu, bakal melarang kendaraan berusia di atas 10 tahun, beredar di ibu kota mulai 2025.


Dalam aturan yang ditandatangani Anies Baswedan ini, juga tertulis pihak yang mendapat tugas memperketat uji emisi kendaraan pribadi adalah Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta. 


Sedangkan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta bertugas, menyiapkan rancangan Peraturan Daerah tentang Pembatasan Usia Kendaraan di atas 10 tahun pada tahun 2020.  


Kepala Bidang Pengendalian Dampak Lingkungan Hidup, Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Yusiono Supalal bilang, saat ini, regulasi soal itu belum selesai dan masih diformulasikan.


"Ini memang sedang diformulasikan untuk mengarah ke sana, saat ini masih belum ada ketetapan untuk itu secara regulasi. Kami akan sampaikan selanjutnya," ucap Yusiono dikutip dari CNN Indonesia, Selasa (2/3).


Sebenarnya, upaya Jakarta membatasi peredaran mobil tua udah jadi wacana sejak Basuki Tjahja Purnama alias Ahok saat menjabat Gubernur DKI. Waktu itu, wacana ini muncul di awal 2015, mengacu pada Peraturan Daerah Nomor 5 Tahun 2014.  


Cuma, Ahok kala itu bukan ingin melarang, tapi bikin sulit peredaran mobil berusia lebih dari 10 tahun, dengan konsekuensi pemiliknya mesti membayar pajak kendaraan bermotor lebih tinggi.   


Tapi kala itu, komunitas pemilik mobil tua saat itu menolak kebijakan Ahok dengan berbagai alasan. Termasuk soal kepemilikan mobil sebagai hobi, dan masyarakat kelas menengah yang gak sanggup beli mobil baru. (rfq)

gubernur dki jakarta anies baswedan dki jakarta mobil