Strategi Mentan Syahrul Yasin Limpo Agar Bisa Cetak 2,5 Juta Petani Milenial

Strategi Mentan Syahrul Yasin Limpo Agar Bisa Cetak 2,5 Juta Petani Milenial Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. Foto: Instagram @syasinlimpo.
Jakarta - Petani milenial kini tengah dipersiapkan Kementerian Pertanian (Kementan). Berbagai upaya mulai dilakukan Kementan, agar bisa mencetak 2,5 juta petani milenial.

Ada dua strategi yang dibocorkan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) untuk menghasilkan petani muda, dalam menghadapi perkembangan dunia pertanian yang semakin maju.

"Bagaimana strategi kami membuat 2,5 juta petani muda? Pertama 2,5 juta itu kita berharap terdidik, setiap tahun kami juga memagangkan kurang lebih 1.000 orang ke beberapa negara," ucap Mentan SYL, seperti dikutip iNews, Selasa (16/3).

Gak cuma itu, Kementan juga akan merangkul sejumlah universitas-universitas di seluruh Tanah Air, yang punya fakultas peternakan dan pertanian. Setelah lulus kuliah, mereka akan ditempatkan ke bidang pertanian dan peternakan strategis oleh Kementan.

"Kedua, kita ada pembicaraan dengan perguruan tinggi-perguruan tinggi seluruh Indonesia, khususnya untuk pertanian dan peternakan agar betul-betul kita persiapkan mereka. Kalau turun ke lapangan selesai insinyurnya, akan berakses kepada kehidupan pertanian," ujar Menteri asal Makassar ini.

Kata Mentan SYL, jangan pernah memandang sebelah mata prosesi petani. Sebab, petani milenial bisa menjadi profesi yang menjanjikan dan menghasilkan pendapatan yang menggiurkan, serta akan terus didorong oleh Kementan.

Sehingga, stereotip bahwa jadi petani gak akan kaya, terbantahkan. "Itulah yang kita dorong," imbuh Menteri Syahrul Yasin Limpo. (rfq)
menteri pertanian syahrul yasin limpo petani milenial